MENJADIKAN NELAYAN TULANG PUNGGUNG BANGSA

MENJADIKAN NELAYAN TULANG PUNGGUNG BANGSA - Indonesia menjadi negara maritim yang dianugerahisumberdaya perikanan terbesar pada tempat Asia Tenggaradidominasi 85% nelayan skala kecil.

Untuk mewujudkan perubahan
Indonesia yg berdaulat, mandiri, serta berkepribadian menggunakan penekanan primer membuahkan Indonesia sebagai poros maritim global, pemerintahan Jokowi – JK mempunyai dua misi utama, yaitu asal daya maritim patut dijaga menjadi kedaulatan daerah dan Indonesia menjadi negara maritim yang berdikari, maju, serta kuat.

Berangkat menurut hal tersebut diharapkan akselerasi pembangunan yang bertujuan berakibat perikanan skala mini (small scale fisheries) sebagai front liner pengelolaan perikanan nasional yang melibatkan aspek kepemilikan, modalitas, sosial, gender, serta aspek lain yang menjamin HAM dan antisipasi kerentanan pada perubahan iklim serta bencana alam(Climate Change and Natural Disaster).

MENJADIKAN NELAYAN TULANG PUNGGUNG BANGSA

Perikanan skala kecil pada Indonesia mempunyai andil yg besar pada mendukung pembangunan di sektor kelautan dan perikanan. Oleh karenanya, telah selayaknya pemerintah memberikan perhatian yg lebih buat memperkuat bisnis perikanan tangkap skala mini supaya lebih maju, mandiri, dan berkelanjutan. 

Dukungan pemerintah melalui stimulus fiskal, moneter, juga hegemoni kebijakan lainnya tentu saja diharapkan buat menggerakkan bisnis perikanan warga agar lebih bergeliat serta bisa menaikkan kesejahteraan jutaan keluarga nelayan
Pendekatan pembangunan buat penguatan perikanan skala kecil wajib diarahkan diantaranya dalam: 

(i) penguatan wahana serta prasarana usaha agar memadai serta menaikkan akses terhadap sumber daya, 


(ii) penguatan penguasaan teknologi dan keterampilan supaya produktivitas usaha perikanan skala mini dapat meningkat, 


(iii) penguatan akses permodalan serta akses pasar agar daya saingnya semakin tinggi, 


(iv) penguatan agunan serta perlindungan supaya bisnis terjamin dan berkelanjutan, 


(v) peningkatan kesejahteraan pelaku utama. Dalam proses penguatan perikanan skala mini tadi, perencanaan pembangunan harus difokuskan dalam upaya buat menaikkan perlindungan dan pemberdayaan pada nelayan kecil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel