MOP Messenger of Peace Sebagai Gerakan Perubahan

Apa itu MOP?
            Messengers Of Peace atau di singkat MOP yang dalam baha Indonesia berarti“Pembawa Pesan Perdamaian”adalah gerakan damai buat membantu masyarakat melalui Gerakan Pramuka. Program ini sudah dilaksanakan pada 110 negara menggunakan total 10 juta anggota. MOP merupakan program kelanjutan, tidak hanya ceremonial.
            MOP mempunyai 2 elemen: pertama adalah Jaringan Global MOP ( the Messengers Of Peace Global Network) dan yg ke 2 adalah Dukungan Dana MOP ( Messengers Of Peace Support Fund).
            Pada Jaringan Global MOP adalah alat buat menghubungkan para pramuka. Dengan menggunakan media umum, jaringan tersebut memperkenalkan pramuka buat menampakan proyek pelayanan mereka serta bertemu secara online buat memberikan ilham-inspirasi mereka, menceritakan cerita- cerita mereka dan bekerja sama buat membangun kedamaian didalam komunitas- komunitas. Melalui akses yg lebih besar buat wangsit- pandangan baru training, dan dukungan, jaringan ini akan dikuatkan oleh semua pramuka.
            MOP Support Fund akan menyediakan dukungan keuangan buat proyek- proyek pelayanan serta inisiatif pramuka semua global. Badan ini memungkinkan pramuka yang berada pada negara miskin buat melaksanakan proyek penting yg dapat merubah aneka macam komunitas.

Kapan MOP digagas?

            Dari tahun 2001, Raja Swedia Carl XVI Gustaf  beserta Raja Abdullah menurut Saudi Arabia menggagas gerakan pembawa pesan perdamaian ( MOP ). Kedua Raja itu sudah menginspirasi lebih dari 10 juta anggota pramuka menurut 110 negara buat bekerja sama dalam perdamaian serta menghilangkan hambatan bagi orang- orang menggunakan latar belakang budaya dan iman berbeda buat bersama- sama memeperkuat komunitas mereka.

Dimana dan Mengapa MOP diterapkan?

            Kita bisa menerapkan jaringan MOP keseluruh dunia. Diseluruh dunia , kepanduan (pada indonesia dikenal dengan gerakan pramuka) mempunyai acara- program humanisme. Mereka menuntaskan permasalahan – perseteruan disekolah dengan mencegah penindasan, membantu acara pendidikan, menolong orang miskin dan kelaparan, membuat solusi – solusi buat perkara pemerintah, serta melaksanakan proyek layanan lainnya. MOP melaksanakan seluruh itu.

Siapa yg dapat menjadi MOP?

            Semua dapat mengambil bagian menjadi MOP yaitu dengan menjalankan proyek yang dapat membantu komunitas kita. Apakah kita melihat sebuah kasus pada lingkungan kita Dapatkah kita melakukan sesuatu buat menyelesaikan perkara tadi?
Jika ya, kita dapat menjadi seorang MOP juga, Jadi tunggu apa lagi?

Bagaimana Cara Menjadi MOP?

            Kita dapat bergabung dengan komunitas MOP dengan mendaftar pada laman website resmi MOP buat menyatakan tujuan dalam perubahan dunia. Rencana tersebut akan ditempatkan dalam sebuah peta, sebagai akibatnya setiap orang dapat melihat dimana kita, berapa dan apa planning yg akan kita lakukan.

Anda Pramuka? Siapkah melakukan Perubahan?

            Langkah pertama :
            Berfikir tentang komunitas lokal disekitar kita. Apa yang mengganggu ekuilibrium kehidupan, apa ada masalah pemerintah, atau ketidakpercayaan diantara grup- kelompok tidak sinkron, atau keadaan darurat dalam kesehatan, atau penindasan disekolah, atau adakah kolompok warga yg dikucilkan atau marginal. Semua kemungkinan seperti diatas dapat saja kita temui.
            Langkah Kedua :
            Putuskan apa yg kita lakukan untuk dapat menolong kegiatan ini boleh sebagai bagian program normalkegiatan kepramukaan atau sebagai bagian acara pelayanan komunitas pramuka.
            Langkah ketiga :
            Daftar pada halaman website page resmi MOP buat menyatakan tujuan pada perubahan dunia. Rencana tadi akan ditempatkan dalam sebuah peta, sebagai akibatnya setiap orang bisa melihat dimana kita, berapa dan apa planning yg akan kita lakukan.
            Langkah keempat :
            Menjaga komitmen serta seluruh sahabat pramuka yg dapat membantu kita buat melakukannya. Ajaklah mereka buat mendaftar dan mengembangkan melalui facebook. 

            Dengan langkah-langkah tadi, pastinya kita siap kan buat menjadi pelopor Gerakan Perubahan melalui Gerakan Pramuka dalam Messengger Of Peace. Semoga berguna. (Faiz/ed.kgms)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel