Nasional Pengurus Mabi dan Andalan Ikuti KOS

Bojong – Dalam upaya menaikkan kualitas dan kinerja sesuai bidang, kiprah dan tugas utama dan tanggung jawabnya, jajaran Pengurus Mabi dan andalan cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal dibekali serta dilatih melalui Kursus Orientasi Singkat (KOS).

Kegiatan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong itu dipandu oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Dewa Ruci Kwarcab 11.28 Tegal, digelar Senin (19/12) dan dibuka secara resmi oleh Waka Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo MM.

Dalam sambutannya Agus mengatakan, saat ini usia kepanduan memasuki tahun ke 100 / satu abad dan Gerakan Pramuka sudah berumur 50 tahun.

“Diusianya tadi ada kado istimewa berupa lahirnya UU No 12 tahun 2010 menjadi payung hukum Gerakan Pramuka,” ungkapnya.

Oleh karenanya, istilah Agus, kedepan tugas dan tanggung jawab Gerakan Pramuka semakin berat, tapi mulia. Yaitu mengantarkan generasi belia bangsa yang cinta tanah air, berkarakter dan berakhlak mulia dan memiliki ketrampilan hayati.

“Jadi KOS ini krusial, sebagai akibatnya perlu diadakan secara berkelanjutan buat peningkatan kualitas Pengurus,” tegasnya.

Bahkan bisa menambah pengetahuan dan kemampuan pengurus serta andalan cabang. Sehingga kedepan dapat menjadi
Pimpinan Kursus, Makmuri S.pd menjelaskan, KOS bagi Mabi serta andalan Cabang ini dimaksudkan untuk menaruh bekal dan pengetahuan kepada jajaran Mabi serta Andalan cabang mengenai peran, tugas dan tanggung jawab sinkron bidang tugasnya.

“Harapannya lewat KOS ini, tercipta persepsi yang sama antara Pengurus Mabi serta andalan cabang demi peningkatan kinerja Kwartir Cabang,” ucapnya.

Dalam KOS ini, lanjut Makmuri, sebagai akibatnya diberikan aneka macam materi mengenai Kepramukaan. Materi tadi antara lain Kegiatan pada Pramuka, UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dan SK Kwarnas Nomor 179 tahun 2010 mengenai Pusdiklatcab serta indikasi jabatan pada Gerakan Pramuka.
“Jajaran Mabi serta Andalan yg hadir mencapai 44 orang,” tambahnya.

Senada Kepala Pusdiklatcab, H Ike Nachrawi berharap melalui KOS, jajaran Mabi serta andalan cabang akan memahami dan mengetahui tugas serta tanggung jawabnya sesuai bidang tugasnya.
“Jajaran Mabi serta andalan pula perlu memahami tupoksinya,  sehingga akan menaikkan darma  dalam Gerakan Pramuka,” ucapnya. 


Sumber: //pramukaslawi.com - //pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel