NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN

Selama ini nelayan kita buat memilih wilayah penangkapan ikan masih menggunakan cara cara traditional. Mereka hanya mengandalkan insting dan navigasi alam yg berdasarkan pada posisi bintang dan lamanya jeda tempuh. 

Padahal dalam era teknologi Semarang , nelayan sanggup terbantukan menggunakan memakai GPS ( Global Position System ). GPS termasuk jua dalam Alat Bantu Penangkapan Ikan.

GPS ini bisa membantu memilih posisi lintang dan bujur diatas bagian atas bumi secara sempurna.  Dalam perikanan tangkap bisa digunakan buat mencari posisi pemasangan indera tangkap, menandai posisi dasar perairan yang menghambat alat penangkap ikan tertentu, memonitor konvoi indera penangkap ikan yg dihanyutkan, menandai wilayah penangkapan ikan yang berpotensi untuk penangkapan hari berikutnya. 

GPS merupakan keliru satu indera navigasi yg memakai system citra satelit. GPS bisa menaruh ketepatan saat serta loka secara lebih jelasnya serta terang.



Dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dimanfaatkan untuk supervisi kapal ikan, migrasi ikan, pemetaan potensi SDI, dll-nya. Tetapi pada pelayaran fungsi berdasarkan GPS dalam biasanya memiliki Fungsi sebagai Berikut :

Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan

1. Posisi koordinat kapal.


Kapal perikanan walaupun rata rata masih mini tetapi pemanfaatan GPS terdapat yg sebagian telah menggunakannya. Dan penggunaannya kadang pada pakai dalam menentukan posisi lintang serta bujur suatu kapal.


2. Haluan Kapal.


Haluan kapal sangat mutlak untuk di lakukan sang kapal perikanan. Karena sifat menurut kapal perikanan yg mencari daerah penangkapan ikan atau fishing ground maka haluan sanggup pada gunakan buat menghemat waktu serta bahan bakar kapal perikanan.


3. Kecepatan ( Speed ).


Selain Haluan, penggunaan GPS jua buat mengetahui kecepatan kapal. Kapal perikanan yg senantiasa mengejar grup ikan dan fishing ground maka kecepatan sebagai hal Yang perlu supaya buruan atau tangkapan ikan tidak bubar atau melarikan diri sebelum akan di tangkap.

4. Waktu ( time )


Waktu pula sangat penting mengingat penggunaan bahan bakar harus selalu pada kontrol dan di catat agar insiden kehabisan bahan bakar di tengah laut tidaklah terjadi.

Begitu pentingnya GPS maka perlu di adakan sosialisasi serta sosialisasi penggunaan GPS lebih mendalam supaya nelayan Indonesia bisa lebih sedikit maju.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel