OGN 2019 GENRE PROSA FIKSI PROSA LAMA


A.PengertianProsa Lama

Istilahprosa berasal berdasarkan bahasa latin oratio provorsa yg berarti ucapan langsungbahasa percakapan sebagai akibatnya prosa berarti bahasa bebas, bercerita, dan ucapanlangsung. Kata prosa diambil berdasarkan bahasa Inggris, prose yg berarti bahasatertulis atau tulisan.

Prosasastra diklaim pula menggunakan kata prosa fiksi. Kata fiksi berasal dari fiction(bahasa Inggeris) yang berarti ‘rekaan’. Dengan demikian, dapatlah disimpulkanbahwa prosa fiksi merupakan cerita rekaan dimana tokoh, insiden dan latar didalamnya bersifat imajiner.

Prosa usang adalahkarya sastra yang berbentuk cerita atau narasi; tidak sama menggunakan pantun,gurindam, serta sebagainya. Disebut prosa lama karena produk sastra ini selalubersifat anonim (tanpa nama penulis), sangat tidak aktif, serta selalu dianggap milikbersama. Karena dianggap milik beserta, hampir seluruh produk prosa usang disebutcerita masyarakat.

B. Ciri-Ciri Prosa Lama

     Ciri-karakteristik ProsaLama :

1)Dipengaruhi sang sastra Hindu atau Arab.

2)Ceritanya anonim “tanpa nama”

3)Milik bersama.

4)Bersifat statis, sinkron menggunakan kondisi rakyat ketika itu.

5)Berbentuk hikayat, tambo, dongeng”pembaca di bawa ke alam imajinasi”

B.JenisProsa Lama

William R. Bascom dalam JamesDanandjaja (2007 : 50) membagi cerita masyarakat ke dalam 3 gerombolan , yaitumite, legenda, serta dongeng.

1. Mite atau mitos dari dari bahasa Yunani mythosyang berarti cerita yakni cerita mengenai ilahi-tuhan dan pahlawan-pahlawan yangdipuja-puja. Mitos adalah cerita tentang dewa-tuhan kudus yg mendukung sistemkepercayaan atau kepercayaan (religi), contohnya merupakan cerita-cerita yangmenerangkan dari usul global, kehidupan insan dan kegiatan-aktivitas hidupseperti bercocok tanam, contohnya mengenai kepercayaan Dewi Sri atau adatistiadat yang lain (Suripan Sadi Hutomo, 1991 : 63).

Contohcerita tentang ilahi-dewi adalah Dewi Sri. Menurut cerita mite jenazahya menitismenjadi padi, sebagai akibatnya Dewi Sri dipercaya sebagai Dewi Padi serta lambangkesuburan.

Miteyang berkembang luas dalam kehidupan masyarakat Jawa adalah Nyi Roro Kidul, Ki Ageng Sela, dansebagainya.

2. Legenda adalah cerita yg mengisahkan berasal-usulsatu tempat atau peristiwa zaman silam. Menurut Sudjiman (1986: 29) legendaadalah cerita rakyat mengenai tokoh, peristiwa, atau loka tertentu yangmencampurkan berita historis serta mitos. Sudikan (1985: 43) beropini bahwalegenda merupakan sebuah cerita yg dihubungkan menggunakan keajaiban alam. Misalnya;Jaka Tingkir pada Jawa Tengah, cerita Panji pada Jawa Timur, serta sebagainya.legenda setempat adalah legenda yang berhubungan dengan dari mula suatu loka,nama tempat dan topografi, yaitu bentuk bagian atas suatu wilayah yangberbukitbukit, berjurang, serta sebagainya (James Danandjaja, 2007: 75-83).contoh legenda adalah Candi Roro Jonggrang, Tangkuban Perahu, Danau Toba, serta sebagainya.

3. Dongeng Menurut Sudjiman (1986: 15) merupakan ceritatentang makhluk khayalis. Makhluk khayali yg sebagai tokoh-tokoh ceritasemacam itu umumnya ditampilkan menjadi tokoh yg memiliki kebijaksanaanuntuk mengatur masalah manusia menggunakan segala macam cara. Bascom dalam JamesDanandjaja ( 2007:50) menyatakan bahwa dongeng merupakan cerita prosa rakyat yangdianggap nir sahih-benar terjadi oleh yang memiliki cerita, dan dongengtidak terikat oleh ketika maupun loka. Dongeng merupakan cerita yang tidakbenar-benar terjadi terutama pada zaman dahulu.



SumberPustaka

Umar,Azhar. 2016. Teori dan Genre Sastra Indonesia. Jakarta: Kementerian PendidikanDan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan



POSTINGANTERKAIT

1.KISI-KISISOAL OGN BAHASA INDONESIA BACA DI SINI

2.SOALOGN 2017 PROSA LAMA BACA DI SINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel