SOAL OGN 2019 BAHASA INDONESIA


GENRE PROSA FIKSI : PROSA LAMA
PREDIKSI SOAL OGN 2017 BAHASA INDONESIA

1.prosa lamamemiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan prosa baru. Di bawah iniciri-ciri karya sastra aliran prosa.

1) Dipengaruhi oleh sastra Eropa.

2) Ceritanya anonim “tanpa nama”

3) Milik individu penulis.

4) Bersifat statis, sinkron dengan kondisi masyarakatwaktu itu.

Yang termasuk karakteristik-ciri prosa usang merupakan nomor …

A.1dan 2

B.1dan 3

C.2dan 3

D.2dan 4

2.  Ditinjau menurut periodesasi danjenisnya, prosa terbagi sebagai prosa usang dan baru. Berikut ini macam-macamkarya sastra prosa.

1) cerpen

2) mitos

3) roman

4) legenda

5) dongeng

Yang termasuk prosa usang adalah nomor ….

A.1,2, 3

B.2,3, 4

C.2,4, 5

D.3,4, 5

3. Cermatilahkutipan cerita ini dia.

BawangPutih tak pernah sekalipun mengeluhkan nasib buruknya. Ia selalu siap sediamelayani oleh Ibu Tiri dan Saudari Tirinya menggunakan senang hati. Pada suatu hariBawang Putih tengah mengerjakan pekerjaan tempat tinggal mencuci pakaian milik Ibu Tiridan Saudari Tirinya. Akan namun Bawang Putih tak menyadari bahwa sehelai kainmilik Ibu Tirinya telah hanyut terbawa arus sungai. Ketika Bawang Putihmenyadarinya, ia sangat murung serta takut jika diketahui hilangnya kain itu, makaia akan dimarahi dan disalahkan sang Ibu Tirinya. Bukan tidak mungkin bahwa BawangPutih akan dihukum bahkan diusir dari rumahnya. (//id.wikipedia.org/wiki/Bawang_Merah_Bawang_Putih)

Kutipan cerita di atas digolongkan ke dalam …

A.    dongeng

B.     mitos

C.     fabel

D.    legenda

4. Bacalah kutipan teks ini dia.

Keesokanharinya, sebelum mentari terbit, Dewi Mutiara mengutus pembantunya untukmemanggil seseorang tukang tenung. Dia menyuruh sang dukun buat meneluh Kadita.pada malam harinya, tubuh Kadita gatal-gatal dipenuhi kudis, berbau busuk danpenuh bisul. Ia menangis tak tahu harus berbuat apa. Raja mengundang banyaktabib buat menyembuhkan Kandita dan sadar bahwa penyakit tersebut tidakwajar, niscaya berasal berdasarkan guna-guna. Ratu Dewi Mutiara memaksa raja mengusirputerinya lantaran dianggap akan mendatangkan kesialan bagi semua negeri.lantaran Raja nir menginginkan puterinya sebagai gunjingan di semua negeri,beliau terpaksa menyetujui usul Ratu Mutiara buat mengirim putrinya keluar darinegeri mereka.

Kanditapergi berkelana sendirian tanpa tujuan serta hampir tidak bisa menangis lagi. Iatidak dendam kepada bunda tirinya, melainkan meminta agar Sanghyang Kersamendampinginya dalam menanggung penderitaan. Hampir tujuh hari serta tujuh malam,akhirnya ia tiba di Samudera Selatan. Air samudra itu bersih serta jernih, tidakseperti lautan lain yg berwarna biru atau hijau. Tiba-tiba beliau mendengarsuara gaib yg menyuruhnya terjun ke pada Laut Selatan. Ia melompat danberenang, air Samudera Selatan melenyapkan bisulnya tanpa meninggalkan bekas,malah ia semakin cantik. Ia mempunyai kuasa atas Samudera Selatan serta menjadiseorang dewi yg disebut Nyi Roro Kidul yang hidup abadi.

(//id.wikipedia.org/wiki/Nyi_Roro_Kidul)

Tekstersebut termasuk jenis….

A.   Legenda

B.    Mite

C.    Dongeng

D.   Fabel

5.Cermatilahkutipan cerita berikut ini.

Sambilmenangis, anak itu berlari pulang menemui ibunya pada tempat tinggal . Kepada ibunya diamengadukan bahwa beliau dipukuli ayahnya. Semua istilah-istilah cercaan yang diucapkanayahnya kepadanya diceritakan jua. Mendengar cerita anaknya itu, si ibu sedihsekali, terutama lantaran suaminya telah melanggar sumpahnya menggunakan kata-katacercaan yang beliau ucapkan pada anaknya itu. Si mak menyuruh anaknya agarsegera pulang mendaki bukit yang terletak tidak begitu jauh berdasarkan rumah merekadan memanjat pohon kayu tertinggi yg masih ada di zenit bukit itu. Tanpabertanya lagi, si anak segera melakukan perintah ibunya itu. Dia berlari-larimenuju ke bukit tadi serta mendakinya.

Ketikatampak sang oleh ibu anaknya telah hampir hingga ke zenit pohon kayu yangdipanjatnya di atas bukit , beliau pun berlari menuju sungai yg tidak begitujauh letaknya menurut rumah mereka itu. Ketika dia datang di tepi sungai itu kilatmenyambar disertai bunyi guruh yang megelegar. Sesaat kemudian beliau melompat kedalam sungai dan tiba-datang berubah menjadi seekor ikan akbar. Pada ketika yangsama, sungai itu pun banjir akbar dan turun juga hujan yg sangat lebat.beberapa waktu kemudian, air sungai itu telah meluap kemana-mana dantergenanglah lembah loka sungai itu mengalir. Pak Toba tak sanggup menyelamatkandirinya, dia meninggal karam oleh genangan air. Lama-kelamaan, genangan air itusemakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat akbar yang di lalu haridinamakan orang Danau Toba. Sedang Pulau kecil pada tengah-tengahnya diberi namaPulau Samosir.

(//dongeng.org/dari-usul-danau-toba/)

Kutipancerita pada atas termasuk jenis….

A.   Fabel

B.    Mite

C.    Legenda

D.   Dongeng



POSTINGANTERKAIT

1.KISI-KISISOAL OGN BAHASA INDONESIA BACA DI SINI

2.PEMBAHASANSOAL/RINGKASAN MATERI PROSA LAMA BACA DI SINI

    tiga.   PERSIAPAN LENGKAP OGN SMP BACA DI SINI
   4.    CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN BACA DI SINI DAN DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel