Pelabuhan Perikanan Samudera

Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: PER.16/MEN/2006 mengenai Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Perikanan dibagi menjadi 4 kategori utama  Diantaranya Adalah PPS ( Pelabuhan Perikanan Samudera )

• PPS (Pelabuhan Perikanan Samudera)

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), dikenal pula menjadi pelabuhan kelas A atau kelas I. Pelabuhan perikanan lautan ini spesifik dirancang buat melayani kapal yg berukuran > 60 GT. Untuk kapal kapal berukuran menengah ke atas maka perlakuan nya pun seharusnya nir sama menggunakan pelabuhan pelabuhan mini . Lantaran bersandarnya kapal kapal besar inilah yg berakibat mata rantai ekonomi di pelbuhan perikanan samudera bisa terus berjalan serta berputar.

Pelabuhan perikanan samudera ini bisa menampung atau menyandarkan kapal sebanyak 100 kapal atau menggunakan bobot kapal berjumlah total 6000 GT sekaligus, atau dapat pula melayani kapal perikanan yang beroperasi di perairan lepas pantai, ZEE, dan perairan internasional. Kapal kapal perikanan tersebut merupakan kapal kapal yang membuat surat kebangsaan negara indonesia.

Jumlah ikan yg didaratkan kurang lebih 40.000 per tahun dan jua menaruh pelayanan untuk ekspor.begitu penying dan vital fungsi berdasarkan pelabuhan perikanan lautan maka fasilitas fasilitas pada dalam pelabuhan wajib bisa mendukung kerja dari aktivitas di pelabuhan perikanan samudera .


Selain itu jua tersedia tanah buat industri perikanan. Perum Prasarana Perikanan Samudera adalah badan yg bertanggung jawab atas pelabuhan ini. Fungsi berdasarkan Perum Prasarana Perikanan Samudera adalah buat :
  1. meningkatkan pendapatan warga nelayan melalui penyediaan dan perbaikan wahana dan prasarana pelabuhan perikanan samudera .
  2. Mengembangkan wiraswasta perikanan dan buat memasang atau mendorong industri perikanan buat memasarkan hasil perikanan.
  3. Memperkenalkan dan berbagi teknologi output perikanan dan sistem rantai dingin pada perdagangan serta industri pada bidang perikanan
Terdapat beberapa fasilitas-fasilitas pada pelabuhan perikanan samudera ,
yaitu :

1.         Pelindung

·      Breakwater panjang
·      Revetment panjang
·      Groin panjang

2.         Tambat / labuh

·      Dermaga panjang
·      Jetty panjang

3.         Perairan

·      Alur pelayaran panjang
·      Kolam pelabuhan luas

4.         Penghubung

·       Jalan panjang
·       Jembatan panjang
·       Drainase terbuka panjang
·       Drainase tertutup panjang

5.         Pembatas lahan

·       Pagar keliling panjang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel