PEMBANGUNAN KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN

PEMBANGUNAN  KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN - Jakarta, Direktorat Kapal Perikanan serta Alat Penangkapan ikan (DIT. KAPI) merupakan institusi dibawah naungan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Sehubungan akan dibangunnya kapal perikanan untuk nelayan sebanyak ± 3000 unit kapal yg nantinya akan diberikan pada koperasi nelayan. Yang dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan serta pula upaya mendukung industri galangan kapal dalam negeri. 

Oleh Lantaran itu dalam tanggal 13 s/d 15 Januari2019 Dit. KAPI Mengundang Tim pakar Perkapalan yaitu Oktavian Rahardjo S.T, M.T, Nanang Setiyo Budi S.T dan M. Najib S.T berdasarkan Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang buat kedap teknis mengenai pembahasan pembangunan ± 3000 unit kapal perikanan. Tim ahli berdasarkan BBPI telah memberikan masukan mengenai desain kapal ikan yg akan dibangun diantaranya berukuran 3 GT, lima GT, 10 GT, 20 GT dan 30 GT. Sesuai menggunakan desain yang telah dibentuk, diutamakan kapal ikan yang akan dibangun terlebih dahulu merupakan kapal menggunakan berukuran tiga GT menggunakan mesin on board. 

Pengadaan pembangunan kapal akan melibatkan industri galangan kapal yang terdapat didalam negeri melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang serta Jasa Pemerintah (LKPP)dengan memakai e –katalog kapal serta dokumen teknis buat pengadaan kapal dengan spesifikasi yg ada, dengan dukungan teknis antar lembaga yaitu PM PAL akan mempelajari material baik spesifikasi dan kuaitas, memastikan ketersedian fasilitas dan SDM galangan peserta sinkron hasil survey, supervisi supervisi pembangunan kapal sinkron mekanisme, dan supervisi pembangunan kapal perikanan sesuai jadwal yg telah ditetapkan. 

BKI akan menyelidiki persetujuan sinkron dengan prosedur, pengawasan pembangunan, sertifikasi material serta equipment, serta penerbitan dokumen sertifikat tarkait. KEMENHUB akan menyiapkan dokumen/surat ukur kapal terkait serah terima kapal. Dan KEMENPERIND akan melakukan pelatihan industri galangan kapal dan pelatihan insdustri pendukung/local buat peningkatan TKDN. 

Program yang didukung sang Menteri KKP berharap pembangunan ± 3000 unit kapal dapat mendukung suplai ikan terhadap pasar dan produksi ikan pada negeri semakin meningkat. Serta mendorong peningkatan konsumsi domestik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel