PEMBUATAN BUBU RAJUNGAN


PEMBUATAN BUBU RAJUNGAN - bisnis perikanan rajungan. Dalam hal ini tidak luputdari perhatian terhadap peningkatan pendapatan nelayan yg menangkap rajungan. 


Perhatian terhadap pengembangKomoditas rajungan berdasarkan output penangkapan ikan di lauttelah menaruh donasi pendapatan devisa negara berdasarkan sektor perikanan terbesarketiga sesudah udang serta ikan tuna. Dalam hal ini produk rajungan merupakanproduk ekspor berkualitas dan bernilai tinggi.


Penangkapan rajungan dilakukansecara tradisional oleh para nelayan kecil terutama di sepanjang pantai utaraJawa. Artinya, dalam satu sisi nilai rajungan bisa menaruh impak langsungpendapatan bagi nelayan skala kecil, pada sisi lain kualitas produksi rajunganharus dijaga supaya kondisi pemasarannya terutama buat ekspor permanen stabilsehingga bisa dicapai industri usaha perikanan rajungan yg berkelanjutan.

Sebagai produk ekspor, output penangkapan ikan berupa rajunganharus memenuhi ketentuan pasar atau perdagangan ekspor yg terkait denganpemasaran luar negeri. Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (APRI) sebagailembaga yang ikut menstabilkan kontinuitas produk rajungan Indonesia berdasarkan segikualitas dan kuantitas telah memperhatikan kekentuan baku produk rajungan untukekspor. Dalam hal ini perhatian selain ditujukan pada sumberdaya rajunganadalah kepada pelaku dan wahana penangkapan rajungan.

Dalam proses penyusunan Rencana Pengelolaan Rajunganpada setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan di Negara Republik Indonesia(WPP-NRI) khususnya pada WPP 712 perairan utara Jawa, dibutuhkan langkah-langkahberproduksi yang tidak bertentangan dengan harapan pasar dan kelestariansumberdaya rajungan demi keberlanjutan an sarana penangkapan rajungan telahdimulai oleh BBPPI Semarang dalam tahun2019 menggunakan membuat desain rincipengoperasian bubu kubah menggunakan alat bantu penarik.

Pengoperasian bubu kubah ini dapatmenghasilkan cara penangkapan ikan yang efektif terhadap target tangkap rajungansesuai kualitas dan berukuran yang dikehendaki pasar. Untuk menjawab tantanganpengelolaan penangkapan rajungan yang bertanggunjawab diteruskan menggunakan kegiatanpembuataan bubu rajungan berbentuk kubahdengan sistem sarana bantu operasi penangkapan dan penanganan rajungan diataskapal dalam rangka : (1) buat pengalihan usaha penangkapan rajungan denganmenggunakanbubu berbentuk kubah, (2)pemugaran sistem pengoperasian dan penanganan rajungan diatas kapal.


II. 1RENCANA KEGIATAN


A.Waktudan Lokasi.

Rencanakegiatan pembuatan indera tangkap BUBU rajungan dilaksanakan tanggal


23 - 28 Juni2019


Lokasi : di Semarang


B. Personalia.

Pelaksanayang terlibat dalam aktivitas ini adalah sebanyak 3 ( Tiga ) orang menurut BBPPISemarang.


II. Dua MENYIAPKAN RANGKAIAN KEGIATAN

Bahan danalat yg digunakan pada aplikasi kegiatan, Dapat dilihat pada tabelberikut ini:

A.RINCIAN BAHAN PEMBUATAN 1 BUAH BUBU RAJUNGAN TYPE KUBAHDIAMETER 50 CM

No.
RINCIAN
BAHAN
UKURAN SATUAN
1


Kerangka bubu bawah

lingkaran Ø 50 centimeter Atas
lingkaran Ø 14 centimeter Samping
Lengkungan


Beton eser Ø 0,6 cm
Beton eser Ø 0,6 cm
Beton eser Ø 0,6 cm
1 buah

P =150,72 cm
1 buah
P =43,96 cm
4 batang
p@ 17 cm
2
Badan bubu
Webbing PE 210 d/6 MS 1,seperempat “
1 buah
3
Mulut
Beton eser Ø 0,6 cm
1 buah P =35 cm
4
Tali guci
PE Ø 3 mm
2 tas@ p 40 cm
5
Tali cabang
PE Ø 4 mm
1 utas@ p 150 cm
6
Snaper
SST
1 buah
7
Pemberat
Pb
1 buah berat 1 kg
8
Tempat umpan
Beton eser Ø0, 4 cm
1 buah p 10 cm





KOMPONEN PENDUKUNG
No
KOMPONEN
BAHAN
UKURAN
JUMLAH
1
Pelampung Umbul


2 unit
·Tiang umbul
Bambu
Tigginya 2 m

·Bedera umbul
Kain perca
Lebar x panjang40 x 45cm

·Pelampung umbul
Plastik
Æ 20 cm

·Pemberat umbul
Besi beton eser
Æ 9 mm, (2kg)

2
Tali Pelampung Umbul
Tali Polyethylene
Æ 6 mm (panjang1,2~1,5kali kedalaman perairan)
2 utas
3
Jangkar
Besi beton eser
Æ 9 mm, (4~5 kg),
2 unit
4
Tali Jangkar
Tali Polyethylene
Æ 10 mm, (10 meter)
2 utas


B.Peralatan
a.Guntingjaring.
b.Pisaukerja.
c.Meteran pita serta meteran penggaris
d.Cobandan kaos tangan
e.KotakPeralatan


II. Tiga MENYUSUNRANGKAIAN PEMBUATAN

A.Klasifikasi
Menurut International StandardStatistical and Calssification of Fishing Gear (ISSCFG) Bubu termasuk kelompok Alat Perangkap
B.Konstruksi desaian Bubu rajungan.
Merancangbangun serta mengoperasikan suatu alat tangkap diperlukan kiat agar sasarannyasesuai menggunakan yg diinginkan serta memenuhi kaidah-kaidah pada responsible fisheng


C.mempersiapkan bahan serta alat
Merancang bangun serta mengoperasikansuatu indera bantu penangkapan diperlukan kiat agar sasarannya sinkron dengan yangdiinginkan dan memenuhi kaidah-kaidah.diantara kaidah – kaidah itu murah ,mudahdan effesien bahan dan pengoperasionalnya.

II. 4 MELAKUKAN PEMBUATAN

membuatdan merakit komponen

1.merakit kerangka awal

- memotongbesi Beton eser Diameter 6 mm sepanjang43,96 cm untuk lengkungan hambatan badan Bubu typekubah sebanyak 4 buah

- memotongbesi Beton eser Diameter 6 mm sepanjang43,96 centimeter buat lengkungan pelawan badan Bubu typekubah sebanyak 1 buah

Setelah as atas serta as bawah terpasang,kemudianmemasang gear kecil pada as atas serta gear besar pada as bawah.

Gear kecil serta gearbesar terhubung menggunakan rantai. Gear besar untuk as nya disambung dengantempat pengayuh,sedangkan gear atas asnyida di hubungkan dengan Blokpenggulung.


2.membuat dudukan alat

Dudukan alat ini berfungsi buat menjadi pondasi dalampemasangan dan supaya indera bias mudah di bongkar pasang serta alat penarik tidakbersentuhan dengan Deck kapal langsung

membuat block penggulung

Blockpenggulung berfungsi menjadi tempat main line, berbentuk slinder serta sanggup dibongkar pasang. Berdiameter 10 cm

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel