PEMBUATAN COOL BOX IKAN

Pembuatan Cool Box Ikan Dengan Bahan FiberGlass - Untuk Menjaga Kualitas Ikan supaya tetap segar maka proses pendinginan sangat di perlukan. 

Salah satu menjaga mutu ikan adalah menggunakan memakai media Cool Box untuk menyimpan serta mempertahankan suhu Ikan. 


Cool box yang selama ini poly beredar pada pasaran merupakan cool box berbahan steroform. Dan Cool box jenis sangat gampang buat rusak.


Baca Juga ;


Material Kapal Perikanan


Kriteria Galangan Kapal Fiberglass


Untuk membentuk kualitas cool box yg tahan lama dan murah maka pada buatkan cool box berbahan berdasarkan FiberGlass.

ada beberapa Bentuk Ukuran menurut volume cool box, diantaranya ; Cool box ukuran 35, 50, 100,150 serta 200 Liter. 

Dan buat Harga masing masing berukuran cool box sangat bervariasi. Sebenarnya buat membuat cool box tidaklah sulit lantaran waktu ini pembuatan coolbox cukup berbahan standar fiberglass.

Pembuatan Cool Box Ikan 

Dalam Proses Pembuatan Cool box langkah langkah nya merupakan sebagai berikut ;'

- Siapkan Cetakan 

Pembuatan cetakan buat cool box pada tentukan dengan besaran volume yg kita inginkan serta  umumnya menggunakan triplek  ukuran 9 mm dan rangka kaso seperti kita membuat kotak kayu biasa, itu yg pada maksud dgn cetakan.


Langkah dalam pencampuran fiberglas mampu kita lakuakan menggunakan mempersiapkan Resin sejumlah 1,5 — dua liter.

Resin tadi  dicampur menggunakan talk/ Powder dan diaduk homogen. Aduk menggunakan menggunakan kayu atau skrap supaya campuran tercampur.

Apabila campuran anatara talk serta resin yg terjadi terlalu kental maka perlu ditambahkan katalis. Penggunaan katalis harus sinkron menggunakan perbandingan 1 : 1/40. 

Oleh karenanya apabila resinnya dua liter, maka katalisnya 50 cc. Dan penggunaan katalis agar berhati hati karena katalis bila terkena kulit akan iritasi dan panas.

Resin sejumlah 1,5 — 2 liter dicampur menggunakan talk serta diaduk homogen. Apabila adonan yang terjadi terlalu kental maka perlu dibubuhi katalis. 

Penggunaan katalis harus sinkron dengan perbandingan 1 : 1/40. 


Oleh karena itu jika resinnya dua liter, maka katalisnya 50 cc.



Selanjutnya ditambahkan erosil antara 400 — 500 gr pada campuran tersebut serta ditambahkan pula pigmen atau zat pewarna.

Apabila seluruh adonan tadi diaduk masih terlalu kental, maka perlu dibubuhi katalis dan bila campurannya terialu encer dapat dibubuhi aseton. 

Pemberian banyak sedikitnya katalis akan mensugesti cepat atau lambatnya proses pengeringan. 


Pada cuaca yang dingin akan dibutuhkan katalis yang lebih poly. Kualitas Cool Box sangat tergantung pada halus serta kasarnya pekerjaan.

Setelah campuran bahan dasar dibentuk, langkah berikutnya adalah memoles bagian atas cetakan menggunakan mirror (sebagai pelicin dan pengkilap) dan dilakukan memutar hingga lapisannya benar-sahih merata.

Agar dihasilkan output yg lebih baik, perlu ditunggu beberapa mnt hingga pelicin tersebut sebagai kering.untuk mempercepat proses pengeringan, bisa dijemur di terik surya. Cool box setela pada rasa kering baru pada angkat buat finishing.

Apabila mirror sudah terserap, permukaan cetakan dapat dilap dengan memakai kain higienis sampai mengkilap.

Selanjutnya permukaan cetakan dioleskan PVA buat menjaga agar bagian atas cetakan nir lengket menggunakan Fiberglass output.

Langkah berikutnya merupakan mengoleskan permukaan cetakan dengan campuran/campuran dasar hingga merata, dan dinantikan hingga setengah kemarau.

Selanjutnya di atas adonan yg sudah dioleskan dapat diberi selembar mat sesuai dengan kebutuhan, dan dilapisi lagi menggunakan campuran dasar. 

Untuk menghindari adanya gelembung udara, pengolesan campuran dasar dilakukan sembari ditekan, sebab gelembung akan menyebabkan Fiberglass gampang keropos. 

Jumlah pelapisan campuran dasar diadaptasi dengan keperluan, makin tebal lapisan maka akan makin bertenaga daya tahannya. 

Selain itu menjadi penguat dapat dibubuhi tulangan besi atau tripleks, terutama untuk bagian yg lebar. Tujuannya merupakan agar hasilnya nir mengalami kebengkokan.

Apabila diperlukan, dilakukan pengerolan menyesuaikan alur-alur atau lekukan-lekukan yang terdapat pada cetakan. 

Pembuatan cool Box Ikan nir hanya memperhatikan kekuatan bahan selain itu kerapihan output pekerjaan pun akan menjadikan harga yang tinggi buat cool box.

Untuk mempercepat proses pengeringan, bisa dijemur di terik surya.

Pelepasan Fiberglass hasil dilakukan apabila lapisan adonan tersebut sudah kemarau serta mengeras, karena bila dilepas sebelum kering dapat terjadi penyusutan.


Pada langkah finishing, dilakukan pengamplasan permukaan Fiberglass, pendempulan, dan pengecatan sesuai menggunakan rona yg diinginkan.

Demikian adalah Cara pembuatan Cool Box Berbahan Fiber semoga mampu memberi manfaat


Pembuatan Cool Box Ikan 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel