CARA MENENTUKAN POSISI KAPAL PELAYARAN

Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran - Kegiatan atau pekerjaan Menentukan posisi kapal dilakukan pada ketika kapal melakukan pelayaran dari satu pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya memakai haluan yg telah direncanakan didalam peta dan memakai peta menggunakan skala yang tidak sama. DImana kita harus menentukan posisi kapal kita atau kapal lainnya pada dalam pelayaran.

Apabila kita telah mengetahui atau mengerti tentang dimana kedudukan atau posisi kapal kita, maka kita mempunyai suatu titik tolak terpecaya dan tidak di ragukan buat banyak sekali bagian bagian pada kebijakan navigasi atau penentuan pelayaran Dan fungsi atau tujuan berdasarkan kita mengetahui posisi kapal diantaranya :

Cara Menentukan Posisi Kapal  Pelayaran
- menentukan jalur atau arah arah ke titik yang dituju,
Kita sanggup memperhitungkan jarak dan waktu yg akan kita tempuh, Semakin cepat maka kapal kita akan semakin ekonomis BBM. Dengan Hemat BBM maka ada keuntungan yg bisa kita peroleh.

- menjauhi rintangan, menjauhi gosong gosong, serta menjauhi bahaya bahaya lainnya.
Setelah kita sanggup memilih jalur maka dengan Peta kita sanggup menghindari beberapa kemungkinan yg akan mengakibatkan kapal dalam keadaan 

- Memilih haluan serta atau laju kecepatan yg paling ekonomis,

Penentuan jarak dan jalur maka kita mampu menghitung jarak terdekat berdasarkan tujuan tanpa menyebabkan bahaya buat kapal.

- Memastikan bahwa letak duga geografis serta menentukan ETA ( Estimated Time of Arrival ),

Kondisi geografis pun kita bisa ketahui menggunakan mampu kita menentukan posisi kapal.

- menentukan kedalaman serta arus yg dialami.

Kondisi kedalam serta arus di pada peta telah tertulis serta tergambarkan serta kita pun mampu ikut menentukan arah haluan kita berdasarkan kedalaman dan arus.

Membaring Posisi atau menetukan posisi pada Suatu waktu kita wajib  memindahkan posisi kapal berdasarkan satu peta kepeta lainnya memakai skalanya tidak sinkron, maka kerjakan sebagai berikut :

1. Jika posisi tadi dinyatakan dengan baringan-baringan atau jarak, maka :

-   Gambarkan baringan yang sama memakai peta I ke peta II

- Ukurlah jarak dipeta I menggunakan skala lintangnya, dan menggunakan cara yang sama diukurkan pada peta II

-  Perpotongan jarak memakai garis baringan pada peta II adalah posisi kapal yg sudah dipindahkan

2. Jika posisi kapal dinyatakan menggunakan lintang & bujur, maka :

-    Tentukanlah lintang & bujur posisi kapal pada peta I
-    Pindahkan posisi (lintang serta bujur) dipeta II

Cara ini digunakan apabila nir terdapat sama sekali baringan atau jarak menurut benda-benda darat. Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran memiliki fungsi serta manfaat yg sangat penting

Untuk penentuan posisi kapal, kita wajib  mengambil baringan-baringan benda darat, tanjung, gunung, pelampung atau baringan benda angkasa. Tak lupa Pula kita harus mengetahui jua mengenai arah mata angin yg akan kita baring atau  tentukan posisi.

Agar posisi kapal kita benar maka baringan yg diambil wajib  pas dan sahih (sejati). Untuk itu kita harus selalu mengetahui kesalahan pedoman & pengambilan benda baringan wajib lebih dari satu benda. Pembanding pada membaring pada usahakan lebih dari satu

3. Menggunakan Radar

Cara ini terbilang modern serta pedoman pedoman penggunaan radar sudah ada dalam manual book di setiap peralatan radar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel