ARAH MATA ANGIN DI DALAM DUNIA PELAYARAN

Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran - Dalam pelajaran teori dasar Ilmu Pelayaran Datar (IPD) seringkali kita jumpai tentang mata angin. Dan  arti berdasarkan arah mata angin merupakan bulat 360° (360 derajat) bumi berdasarkan utara ke utara lagi,

Dimana yg terdiri dari empat inti utama/ primer yakni Utara,Timur,Selatan,Barat, dan dalam jabarkan lagi ke 16 lainnya yg masing-masing memiliki sudut dari bundar tadi sebesar 22,lima° (22,lima derajat) sehingga menjadi misalnya ini: Mata angin inilah yang nakan selalu memenami kita di dalam pelayaran serta bernavigasi.
Pembagian Mata angin yang rakyat kenal hanya 4 Bagian saja diantaranya Arah Utara, Arah Barat, Arah Selatan Dan Arah Timur. Padahal terdapat nama nama menurut pembagian pembagian terkecil lagi dari ke empat mata arah angin pada dalamnya.


Setelah kita mengetahui 4 mata angin utama maka ke empat itu pada bagi lagi keDalam ke 16 (enam belas) arah mata angin diatas masih ada pula anak-anaknya sampai sebagai 32 arah, yg didalam ilmu pelayaran pada sebut 32 surat, 

Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran

Dimana satu tiap-tiap surat mempunyai sudut sebanyak 11,25° (sebelas koma 2 puluh lima derajat). Dasar menurut arah mata anginlah maka pelayaran pelayaran terdahulu yg hanya menggunakan layar semakin hari pada dalam ilmu pelayaran semakin maju serta berkembang.

penggunanaan arah mata angin sudah menjadi dasar Penghitungan serta sebagai patokan dasar dalam berlayar, apalagi berlayar serabutan tanpa arah alias manual tanpa masih ada alat2 navigasi pelayaran seperti Global Positioning Sytem (GPS), Radar, dsb.
Baca Juga ;
- BMKG Maritim Sangat Penting Untuk Nelayan
- Alat Navigasi Kompas
- Alat Navigasi Konvensional
Dimana tanpa mengetahui kedudukan berdasarkan mata arah angin maka insiden yang tak di harapkan seseorang pelaut yaitu teromb ang ambing tanpa arah pada tengah samudera .

Adapun Arah mata angin tadi diantaranya :

- Pembagian Dari Arah Utara 


U: Utara = 000° (nol derajat)
UTL: Utara Timur Laut = 022.lima° (22.lima derajat)
TL: Timur Laut = 045° (45 derajat)
TTL: Timur Timur Laut = 067.lima° (67.lima derjat)

- Pembagian Dari Arah Timur


T: Timur = 090° (90 derajat)
TMG: Timur Menenggara = 112.5°
T: Tenggara = 135°
SMG: Selatan menenggara = 157.lima°

- Pembagian Dari Arah Selatan


S: Selatan = 180°
SBD: Selatan Barat Daya = 202°
BD: Barat Daya = 225°
BBD: Barat Barat Daya = 247.lima°

 - Pembagian Dari Arah Barat


B: Barat = 270°
BBL: Barat Barat Laut = 292.lima°
BL: Barat Laut = 315°
UBL: Utara Barat Laut = 337.lima°

Semoga menggunakan kita mengetahui akan arah mata angin tadi maka pada bernavigasi atau pada berlayar kita akan menjadi pelaut yang handal
BACA JUGA

Cоntоh indera-alat navigasi dipakai dі kapal : 


2. GPS 

3. SONAR 



6. RADIO 


8. PERUM 



Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel