PENANGKAPAN IKAN DI KALIMANTAN UTARA


Penangkapan Ikan Di Kaltara  - Kepala DinasKelautan serta Perikanan (DKP) Kaltara Amir Bakrie mengaku kawasan perairan diatas 4 mil mempunyai pontesi perikanan yang cukup banyak. Tetapi sayang,pemanfaatan masih belum merata pada seluruh perairan. 


Beliau provinsi kalimantan utara ( KALTARA ) Mengatakan kalau provinsi Kaltaraberbeda menggunakan perairan lain di Indonesia seperti Pulau Jawa yang telah masukdalam kategori over fishing. 


Di wilayah Jawa, ekosistem kelautannya terusditangkap sang nelayan serta pola penangkapanya bukannya menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan namun memakai arad dan dogol dan cantrang yg mampu menghambat tempat asal sumber daya ikan. 


Namun, bila dibandingkan dengan potensi Kaltara sangatlah jauh. Pada provinsi kaltara ikan sangat melimpah serta poly, akan tetapi tidak berimbang dengan armada tangkap.

Bahkan dari dia,garis pantai Kaltara tiga.515 km menyimpan banyak sekali potensi kelautan. Denganbegitu, dirinya  melihat kegiatan tangkap nelayan masih terkonsentrasi dizona 4 mil. Padahal, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah melarang adanyakegiatan tangkap di zona 4 mil berdasarkan pantai.amir mengatakan,prototipe nelayan Kaltara menyesuaikan menggunakan armada tangkap yang dimiliki.

Penangkapan Ikan Di Kaltara 

Sebagian akbar armada hanya sanggup beroperasi di bawah 4 mil. “4 mil ke atashanya sedikit saja nelayan yang bisa. Karena armada penangkapan nelayan masihsedikit,” ujarnya.armada nelayanKaltara kurang lebih berdasarkan 90 % menggunakan kapal lima GT. Sedangkan kapaldengan kapasitas 10-35 GT masih dapat dihitung jari. “Kalau armada kita kanrata-homogen mini semua. Di atas 90 % merupakan di bawah lima GT. Yang masih pakaidong feng, ketinting. Kalau kapal tangkap di Kaltara pada atas 10 GT-35 GT hanyabelasan saja, nir hingga 20 unit,” sebutnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel