PENANGKAPAN IKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan - Pada prinsipnya penangkapan ikan yg ramah lingkungan berkaitan erat dengan perilaku pengguna yang dalam hal ini nelayan buat berupaya agar aktifitas yg dilakukan tidak berdampak tidak baik terhadap lingkungan perairan. 

Prinsip tadi disuaikan dengan artikel 7 menurut Code of Conduct for Resposible Fisheries (FAO, 1995) antara lain adalah :


1. Dalam hal menangkap ikan, pelaku perikanan pada hal ini para penangkap ikan wajib bertanggung jawab dalam arti kegiatan penangkapan yang dilakukan senantiasa mempertimbangkan proteksi dan pengelolaan sumberdaya atas dasar pertimbangan dukungan data yang baik serta pengetahuan lainnya tentang sumberdaya dan habitatnya.

Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan

2. Adanya upaya menjaga kualitas, keragaman serta ketersediaan sumberdaya perikanan dalam jumlah yang cukup bagi generasi sekarang serta mendatang, yaitu dengan mencegah adanya syarat lebih tangkap, pemanfaatan yg seimbang sinkron menggunakan jumlah hasil tangkap yg diperbolehkan. 


3. Alat penangkap yg dioperasikan wajib selektif terhadap target ikan yang ditangkap (target species).


4. Adanya upaya penanganan (handling) hasil tangkapan yg memadai pada rangka mempertahankan gizi, kualitas dan keamanan output olahan serta upaya memperkecil resiko timbulnya pencemaran lingkungan dari hasil buangan baik pada aktifitas penangkapan juga dalam waktu pengolahan.


5. Melakukan upaya perlindungan terhadap dalam habitat yang kritis, mangrove, perairan karang, loka memijah ikan serta lain-lain.

6. Memberikan peluang dan perlindungan yang semestinya terhadap perikanan rakyat berskala mini atas kelangsungan usaha, lapangan kerja, pendapatan dan kemanan dan kemudahan dalam mendapatkan fishing ground.

Bahwa sumberdaya ikan sebagai sumberdaya alam yg dapat diperbaharui (renewable resources) keberadaannya perlu dilindungi dan dikelola secara bijaksana buat menjamin agar jumlah output tangkapan ikan nir melebihi Maximum Sustainable Yield (MSY). 


Kondisi ini buat menyesuaikan antara upaya penangkapan (fishing effort) menggunakan potensi sumberdaya ikan yang tersedia.


7. Usaha penangkapan ikan harus dilaksanakan menggunakan tetap mempertimbangkan dan bertanggung jawab terhadap ekologi serta lingkungan buat melindungi stock dan tempat asal lautan, serta buat memanfaatkan sosial ekonomi yang maksimal .
Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel