MENGETAHUI PERBEDAAN PUKAT TARIK DAN HELA

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Tarik- Ada beberapa Jenis alat tangkap yang menggunakan Pukat dan kebanyakan pengoperasian Pukat tersebut memakai dua metode yaitu Di tarik dan Dihela. Untuk Pukat tarik memiliki Cara Pengoperasian sama yaitu Pukat di tarik. Baik itu di tarik manual maupun di tarik dengan alat penarik jaring.

Saat Ini keberadaan akan  Pukat hela dan Pukat tarik sudah pada larang pengoperasiannya di seluruh perairan indonesia. Dan pelarangan tersebut tertuang pada Permen KP no dua tahun2019 tentang pelarangan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

Baca Juga ; Alat Tangkap Pancing Cumi


Jenis Pukat tarik (seine net) grup alat penangkapan ikan berkantong (cod-end) tanpa indera pembuka verbal jaring, Dan Pembuka jaring tadi biasanya menggunaka Otteh Board, besi berpancang.

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Hela

Teknik pengoperasian Pukat tarik yaitu dengan cara melingkari grup (schooling) ikan dan menariknya ke kapal yg sedang berhenti/berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui kedua bagian sayap serta tali selambar. (SNI 7277.6:2008). 
Pukat ditarik ke arah kapal yg sedang berhenti atau berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui tali selambar di kedua bagian sayapnya. Pengoperasiannya dilakukan pada bagian atas, pertengahan juga dasar perairan . 

Ada beberapa Jenis indera tangkap Pukat Tarik diantaranya :

- Pukat Pantai

Pukat tarik pantai dioperasikan pada wilayah pantai buat menangkap ikan pelagis & demersal yang hayati pada daerah pantai. 

- Lampara Dasar / Dogol

Dogol dan lampara dasar dioperasikan dalam dasar perairan umumnya menangkap ikan demersal. 

- Payang

Payang dioperasikan di kolom perairan umumnya menangkap ikan pelagis.
Sedangkan Untuk Jenis alat tangkap Pukat Hela diantaranya :

Pukat Hela merupakan grup alat penangkapan ikan terbuat dari jaring berkantong yang dilengkapi dengan atau tanpa alat pembuka ekspresi jaring serta pengoperasiannya dengan cara dihela pada sisi atau di belakang kapal yang sedang melaju (SNI 7277.lima:2008).

- Trawl

Trawl di operasikan untuk menangkap udang dan bisanya trwal di lengkapi dengan indera bantu seperti winch dan rigs.

- Cantrang

Cantrang dioperasikan menggunakan alat bantu kapstan buat menarik tali selambar serta ketika ini cantrang tengah sebagai polemik di PANTURA.

- ARAD

Arad sama menggunakan trawl disparitas nya hanya pada ukuran kapal dan berukuran jaring. Sama sama memakai other board/ pembuka jaring. 

Gambar Pukat Untuk lebih mengetahui bentuk dan macamnya

Demikian sedikit informasinya mengenai Perbedaan Pukat Tarik serta Pukat Hela. Semoha berita yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Baca Juga ; 


Bagan Rakit Yang terbuat Dari Dirigen Plastik

"" data-reactid=".C1" href="//www.facebook.com/groups/1543402409260720/?Fref=ts#" role="button" title="Menyukai ini">

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel