Pengabdian Pramuka UNP di Talang Babungo




Pramuka UNP gelar bakti sosial di masyarakat
Talang Babungo - Mengisi bulan suci Ramadhan 14.37 Hijriah, Pramuka Universitas Negeri Padang (UNP) yg dikenal dengan Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang (RDTBK) menggelar kegiatan Aksi Sosial Ramadhan (ASR). Kegitan ASR ini dilaksanakan pada Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dari tanggal 16 – 21 Juni2019.
ASR rutin digelar tiap tahun, aktivitas ini dilakukan menjadi bentuk darma kepada rakyat, sesuai Tri Satya Pramuka yaitu menolong sesama hayati dan ikut dan dalam membentuk warga .
"Kami ingin terjun lansung ke warga dan memberikan donasi konkret sebagai bakti kepada negeri" ungkap Eko Gusnardi, Ketua Racana Putra Pramuka UNP.
Mahasiswa Olahraga tadi mengungkapkan apa saja yang mereka lakukan selama pada Nagari Talang Babungo tersebut. "Kegiatan ASR tahun ini adalah penyuluhan tentang bahaya narkotika, renovasi jalan dan jembatan serta pembetukan Pusat teknolgi Informasi serta Komunikasi Nagar (Pustikomri) yang bertempat di kantor Wali Nagari.
Ketua Sangga Kerja (panitia) ASR, Hafid menyampaikan, kegiatan ASR ini galat satu bentuk darma Racana Dang Tuanku Dan Bundo Kanduang kepada rakyat. Kegiatan ASR tersebut rutin digelar dari tahun 1984. Pada tahun kemudian kegiatan ASR dilaksanakan pada kota Padang tepatnya pada daerah belimbing Kuranji.
"Salah satu kegiatan yg kami lakukan yaitu mendirikan Pustikomri, harapannya Pustikomri membentuk kader – kader pemimpin untuk melaksanakan program nagari agar efektif dan efisien. Selain itu. Supaya nantinya nagari bisa sejajar serta tidak tertinggal berdasarkan daerah perkotaan keliru satunya berdasarkan segi teknologi fakta dan komunikasi, dan pula sebagai portal media fakta serta komunikasi bagi masyarakat nagari Talang Babungo," kentara Hafid.
Kegiatan ASR mendapat respon baik menurut lapisan Masyarakat. Masyarakat Talang babungo sangat antusias menggunakan aktivitas ini, terbukti menggunakan peran aktif lapisan warga untuk mengikuti aneka macam kegitan mulai menurut anak anak, remaja serta dewasa.
Amrizal galat seorang masyarakat, meyebutkan bahwa kegiatan yg dilaksankan oleh Pramuka UNP ini sangat bermamfaat bagi masyarakat.
"Kegiatan ini sangat membantu rakyat dan memberikan mengenai ilmu, wawasan serta iformasi yg diharapkan remaja" kata Amrizal di sela sela dalam aktivitas renovasi jembatan.
Di lain kesempatan, ketika diwawancarai Wali nagari Talang babungo, juga memberikan tanggapannnya terhadap aktivitas ini."Masyarakat sangat berterima kasih yang sebanyak besarnya dengan adanya kegiatan ASR pada nagari ini, lantaran menaruh perubahan,penemuan serta kontribusi nyata dalam membantu membentuk Nagari Talang Babungo.
Harapan kami ke depan aktivitas ini terus berlanjut serta hubungan serta kerja sama antara warga Talang Babungo dengan Racana Dang Tuanku serta Bundo Kanduang permanen terjalin menggunakan bagus" tutur Zulfatriadi, Wali Nagari Talang Babungo. (Humas Pramuka UNP)
You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel