PERKUAT GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WADAH PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA




Negara Indonesia adalah negara kepulauan , serta bangsa Indonesia terbentuk menurut ratusan suku bangsa dengan bahasa, adat adat, kepercayaan dan agama yg tidak selaras. Negara dan bangsa yang misalnya ini hanya dapat dipertahankan, bila semua rakyat Indonesia bersatu mempertahankan persatuan serta kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tekad misalnya ini harus ditanamkan sejak usia muda.salah satu wadah yg bisa menguatkan mental nasionalisme adalah gerakan pramuka
Semua kegiatan yang adakan  sang gerakan Pramuka mempunyai  unsur kepemimpinan, kerjasama, ketrampilan, kompetisi, serta kepedulian baik dalam Sang Pencipta, pada sesama maupun dalam alam serta lingkungan, Unsur-unsur ini menyatu dan berkesinambungan buat menciptakan karakter generasi bangsa Indonesia yang mempunyai mental nasionalisme tinggi. Oleh karenanya,  yang adalah tugas Gerakan Pramuka ketika ini adalah sebagai dambaan semua pihak supaya  Gerakan Pramuka bisa menggalang sikap serta semangat persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota Pramuka, sebagai bekal memupuk jiwa serta semangat persatuan serta kesatuan bangsa dan negara seperti yang telah tertuang dalam visi Gerakan Pramuka yakni "Gerakan Pramuka menjadi wadah pilihan utama dan solusi handal perkara-perkara kaum".
Untuk mencapai tujuan tadi, Gerakan Pramuka menjadi wadah pembentukan karakter generasi bangsa terus mengembangkan berbagai langkah-langkah strategis dan kegiatan kepramukaan yang bisa membangun keharmonisan, kerukunan serta kesetiakawanan bahkan kasih sayang diantara sesama kaum belia. Langkah strategis yang bisa di kembangkan diantaranya :
  1. Memantapkan Sistem Among menjadi landasan Metode Kepramukaan.
  2. Mengembangkan permainan edukatif, yang rekreatif, menantang, menarik dan bermanfaat sinkron menggunakan kebutuhan serta tuntutan kaum muda serta kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan contoh-contoh permainan dan mensosialisasikan permainan tersebut di dalam media cetak serta media elektronik.
  4. Menjadikan Bumi Perkemahan menjadi kampus Gerakan Pramuka.
Apabila langkah-langkah strategis yang diuraikan diatas diterapkan dalam Mengupayakan Gerakan pramuka  sebagai ujung tombak organisasi yg dapat berfungsi sebagai wadah pembentukan karakter generasi bangsa, maka yg kita harapkan bisa terwujud. Selain langkah strategis tersebut hal lain  yang dapat dilakukan pada kepramukaan adalah  Kecermatan pada memilih materi pendidikan yg sempurna dan penerapan Metode Kepramukaan yg akurat,hal tersebut  sebagai kunci krusial dalam menjamin tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan yg berdampak positif terhadap peningkatan semangat bela negara, patriot pembangunan, serta perekat bangsa bagi generasi belia.
contoh yang sempurna dalam pemilihan materi serta metode kegiatan yg tepat seperti dilaksanakannya program Pramuka Peduli yang pada waktu ini sudah sebagai bagian berdasarkan program kepanduan dunia. Untuk Indonesia, pelaksanaan program Pramuka Peduli dinilai sangat relevan. Banyak anggota rakyat yg kehidupannya masih jauh dari memuaskan dan Indonesia merupakan negara rawan bencana, yg masih memerlukan poly bantuan. Bagi Gerakan Pramuka pelaksanaan program Pramuka Peduli juga merupakan pembelajaran yg baik bagi generasi bangsa  sekaligus bisa mempertinggi citra Gerakan Pramuka. Untuk memaksimalkan gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter   bisa dilakukan menggunakan lebih memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yg tercantum pada Tri Satya serta Dasa Darma Pramuka, yaitu nilai-nilai luhur yg menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, afeksi sesama manusia, tolong menolong, gotong royong, bertanggung jawab, displin, hormat pada orang tua, sederhana, suci pada pikiran, perkataan dan perbuatan.
 Keberhasilan mengamalkan Tri Satya serta Dasa Darma Pramuka nir hanya  penting bagi Gerakan Pramuka, namun pula bagi rakyat, bangsa, dan negara. Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka adalah nilai-nilai dasar yang harus dimiliki sang segenap anggota, yg jika telah terpatri pada hati dan sanubari, akan berperan akbar dalam menciptakan karakter masyarakat, bangsa ,dan negara yang didambakan pada masa depan.sehingga Trisatya serta Dasa Darma dapat diamalkan secara benar-benar-benar-benar. Inti berdasarkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka merupakan semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral serta spiritual. Tekad, semangat, kode etik dan pesan-pesan tadi bukan hanya wajib dijunjung tinggi, melainkan wajib dilaksanakan pada kehidupan sehari-hari baik secara langsung maupun secara beserta-sama pada satu gerombolan .
Oleh: Kak Tonci Yason Rafael
Posted: 25 Jun2019 09:33 PM PDT

Ka Mabiran, Ka Mabisa, dan Ka Mabikel Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban Masa Bakti2019-2021
TUBAN- Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban menyelenggerakan aktivitas Pelantikan Mabicab, Pengurus Kwarcab, LPK, DKC, Ka Mabiran, Ka Mabisa, serta Ka Mabikel Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban Masa Bakti2019-2021. Di Pendopo Kabupaten Tuban, Rabu malam,(22/06/2016). Peserta Pelantikan berasal berdasarkan Jajaran Mabicab, Seluruh Pengurus Kwarcab, LPK, DKC, Ka Mabiran Se Kwarcab Tuban, serta Ka Mabikel.
Prosesi Pelantikan ini berjalan dengan sangat hikmat dan istimewa dikarenakan umumnya peresmian dilaksanakan dalam siang hari pada kali ini Pelantikan dilaksanakan pada malam hari serta berada pada Bulan Ramadhan. Tak lupa pada pelantikan ini pula pada hadiri sang seluruh Ka Kwarran Se Kwartir Cabang Tuban serta Kepala Desa Se Kabupaten Tuban.
Pelantikan dilantik sang Ka Kwarda Jawa Timur Kak H Syaifullah Yusuf pada damping sang jajaran pengurus Kwarda Jawa Timur serta turut hadir Ka Mabicab Kak Fatkhul Huda selaku Bupati Tuban, Ka Polres Tuban, Komandan Kodim Tuban dan jajaran pemerintahan Kabupaten Tuban lainnya.
Bupati Tuban Kak Fatkhul Huda pada sambutannya setelah Pelantikan berlangsung mengungkapkan " menghimbau kepada semua jajaran anggota dewasa baik yang ada di taraf Kwartir Cabang maupun pada tingkat Kwartir Ranting. Pimpinan dan Pamong Satuan Karya, dan terlebih yg berada pada Gugus Depan yuk bersama sama memberikan bekal serta mematangkan karakter anak buat menyelamatkan generasi muda dan sanggup menjadikan Indonesia kedepan karakter generasi pemuda akan lebih baik lagi,"
Kak Gus Ipul pada sela sambutan menyampaikan," pada kajian pengertian kepramukaan dalam Undang Undang sebetulnya sangat mudah di fahami dan bisa pada simpulkan bahwa pramuka merupakan pendidikan karakter di luar famili serta pada luar sekolah jadi pendidikan pramuka itu hadir di antara pendidikan yg di dapatkan di sekolah dan famili,"
"jadi pendidikan kepramukaan digunakan buat menaruh bekal karakter siswa dalam menghadapi era globalisasi. Barang siapa generasi belia yang selamat dialah yang menang, barang siapa generasi muda yg nir selamat maka dialah yang kalah, maka marilah kita bersama sama selamatkan generasi muda berdasarkan ancaman ancaman kenakalan remaja yg saat ini semakin marak," tegasnya
"lalu PR akbar bagi kita semua anggota dewasa perkara kita saat ini adalah bagaimana cara menggairahkan peminat pemuda buat bergabung pada pramuka lantaran pada waktu ini telah mulai terkesan kuno, maka marilah kita bersama membangun kegiatan yg inovatif sehingga memberikan warna baru bagi para siswa agar peminat pramuka semakin poly," Imbuhnya aktifis pramuka yang biasa pada sapa Gus Ipul
Selamat dan Sukses atas terlantiknya Mabicab, Pengurus Kwarcab, LPK, DKC, Ka Mabiran, Ka Mabisa, dan Ka Mabikel Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban Masa Bakti2019-2021. Semoga bisa mengemban amanat menggunakan baik serta bisa memberikan warna baru di aktivitas Pramuka Tuban.  (Fbk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel