PENGOPERASIAN GILLNET MILLENIUM

Pengoperasian Gillnet Millenium - Gillnet Millenium salah satu alat tangkap yangbpopuler di kalangan rakyat. Selain itu Gillnet millenium juga bisa dikatakan sebagai indera tangkap yang ramah lingkungan.

Gillnet millenium waktu ininbisadi operasikan di bagian atas, pertengahan maupun dasar. Secara teori gillnet millenium bisa buat menangkap sasaran tangkapan yang lebih banyak.


PENGOPERASIAN GILLNET MILLENIUM


Secara umum metodepengoperasian indera tangkap gillnet millennium dengan metode pengoperasian alattangkap gillnet lain yangumumnya dibagi dalam 4 (empat) tahap yaitu :

-Tahap persiapan 

Dalam tahappersiapan dilakukan kegiatan merakit serta menyusun indera tangkap gillnetmillenniumdan kelengkapannya di atas geladak kapal. 

Baca Juga ; Alat Tangkap Trammel Net


Perakitan dimulai denganmenyambungkan pelampung pertanda menggunakan tali ris atas pis jaring pertamamenggunakan tali selambar. 

Selanjutnya tali ris samping masing-masing pisjaring dirangkai menjadi satu ikatan. Pemberat diikatkan dalam tiap sambunganpis jaring. Pada tali ris atas pis jaring terakhir diikat menggunakan tali selambar.setelah perakitan terselesaikan, gillnetdisusun diatas geladak 

- Tahap pemasanganjaring ( Setting )

Pemasangan jaring (setting) dimulai dengan menurunkan pelampungtanda dan tali selambar ke laut. Kemudian secara perlahan kapal bergerakmengikuti arah angin dan jaring pun mulai diturunkan. 

Penurunan jaring dimulaidengan pelemparan pemberat atau badan jaring bagian bawah dahulu kemudianpelemparan pelampung jaring atau badan jaring bagian atas. 


Baca Juga ; Pembuatan Jaring Millenium


Pelemparan pemberatdan pelampung harus dilakukan dengan tepat supaya jaring nir terbelit sehinggadapat terentang dengan baik di perairan. 


Setelah seluruh badan jaring diturunkan,tali selambar terakhir diikatkan dalam kapal supaya jaring bisa terpantau denganbaik. Proses setting ini berlangsungselama ± 30 mnt dengan panjang jaring yang dipakai yaitu sebesar 10 pis.

- Tahap menunggu ( drifting )

Proses menunggu (drifting) dilakukan sesudah penurunan alattangkap terselesaikan. Waktu yang dibutuhkan selama proses ini berlangsung merupakan tiga -4 jam. 

Baca Juga ; Alat Tangkap Trawl


Selama drifting, personil yangterlibat bergantian mengawasi dan menjaga kapal serta alat tangkap yg sedangdioperasikan supaya terhindar mobilitas kapal atau indera tangkap nelayan setempat yangberoperasi disekitar lokasi penangkapan.

- Tahap penarikanjaring (houling )

Penarikan jaring (hauling) dimulai menggunakan memposisikan kapalsesuai dengan arah angin, arah arus, serta posisi jaring agar proses haulingdapat berjalan dengan lancar serta jaring nir tersangkut. 

Dilanjutkan denganpenarikan dimulai berdasarkan bagian jaring yang diturunkan paling akhir (taliselambar terakhir yg diikatkan ke kapal).

Baca Juga ; Konstruksi Umum Jaring Trawl


Apabila dalam waktu penarikanterdapat ikan yg terjerat maka ikan tadi eksklusif dilepaskan dandiletakkan pada geladak kapal, sesudah itu penarikan jaring dilanjutkan kembali. 


Proses hauling berlangsung selama ± 1jam tergantung banyaknya ikan yg tertangkap serta sampah-sampah yang tersangkutpada jaring. Penarikan jaring diahiri dengan pengangkatan pelampung tanda yangditerjunkan paling awal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel