Pengorganisasian Pasukan Penggalang

Pengorganisasian Pasukan Penggalang

Pasukan merupakan satuan yang diperuntukan bagi siswa berusia 11 s/d 15 tahun yang diklaim golongan pramuka Penggalang

Pembentukan pasukan penggalang bertujuan buat memudahkan penghimpunan, pengelolaan serta pengarahan peserta didik dalam aplikasi kegiatan pramuka Penggalang pada mencapai tujuannya.

Pasukan Penggalang

1) Pasukan terdiri atas paling poly 40 orang Pramuka Penggalang

2) Pasukan Penggalang dibagi pada satuan-satuan kecil yang dinamakan ‘regu’ yang masig-masing terdiri atas lima hingga dengan 10 orang Pramuka Penggalang.

3) Pembentukan regu dilakukan sang para Pramuka Penggalang sendiri, dan apabila dibutuhkan dapat dibantu sang Pembina serta Pembantu Pembina Pramuka Penggalang.

4) Tiap regu memakai nama yang dipilih sendiri, yaitu buat regu putera digunakan nama hewan, serta regu puteri nama tumbuh-tanaman atau bunga.

5) Tiap regu ditandai dengan bendera regu bergambar yang sinkron menggunakan nama-nama regu.

Pembina Penggalang

a. Pasukan dipimpin oleh seorang Pembina Penggalang yang berusia sedikitnya 23 tahun, dibantu sang tiga orang Pembantu Pembina Penggalang yang berusia sedikitnya 21 tahun.

b. Pembina dan Pembantu Pembina Penggalang Putera wajib dijabat oleh laki-laki , sedangkan Pembina dan Pembantu Pembina Penggalang Puteri harus dijabat oleh perempuan .

Pimpinan Regu
1. Regu dipimpin secara bergilir oleh seseorang Pemimpin yg dipilih sang serta dari para anggota regu.

2. Untuk membantu Pemimpin Regu ditunjuk Wakil Pemimpin Regu menurut para anggota regu.

Oleh dan menurut para pemimpin Regu dipilih seseorang untuk melaksanakan tugas ditingkat pasukan yang disebut Pemimpin Regu Utama, dipanggil Pratama.

3. Untuk pendidikan kepemimpinan para Pramuka Penggalang, diadakan Dewan Pasukan Penggalang, disingkat Dewan Penggalang, yang terdiri atas para Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, Pemimpin Regu Utama serta Pembina Penggalang serta para pembantunya.

Dewan Penggalang

1) Dewan Penggalang mengadakan rapat sebulan sekali.

2) Ketua Dewan Penggalang merupakan Pratama, sedangkan jabatan Penulis dan Bendahara Dewan Penggalang dipegang secara bergilir oleh para anggota Dewan Penggalang.

3) Dewan Penggalang bertugas mengurus dan mengatur kegiatan-kegiatan Pasukan Penggalang.

4) Dalam Rapat Dewan Penggalang, Pembina dan Pembantunya bertindak menjadi penasehat, pengarah, pembimbing, dan memiliki hak merogoh keputusan terakhir.

Dewan Kehormatan

Untuk membina kepemimpinan dan rasa tanggung jawab para Pramuka Penggalang, diadakan Dewan Kehormatan Pasukan Penggalang, yg terdiri atas para Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, Pemimpin Regu Utama dan Pembina Penggalang dan para pembantu Pembina.

1. Dewan Kehormatan Penggalang bersidang pada hal terjadi peristiwa yang menyangkut tugas Dewan Kehormatan Penggalang.

2. Hasil keputusan sidang dilaporkan kepada Pembina Gugusdepan.

3. Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Penggalang merupakan Pembina Penggalang dan Pembantunya, sedang Sekretaris Dewan adalah alah seorang Pemimpin Regu.

- Dewan Kehormatan Penggalang berkewajiban buat memilih:

- peresmian, anugerah TKK, indikasi penghargaan dan lain-lain pada Pramuka Penggalang yang berjasa serta berprestasi.

1. Peresmian Pemimpin serta Wakil Pemimpin Regu dan Pratama.

2.tindakan terhadap pelanggaran kode kehormatan

3. Rehabilitasi anggota Pasukan Penggalang.

Hubungan Pembina serta Peserta Didik pada Pasukan Penggalang adalah misalnya interaksi Kakak dengan adiknya. Lantaran itu para Pembina sehari-hari dipangil Kakak atau disingkat Kak.

Smber: prmukanet.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel