Pengurus Mabincab dan Pramuka Kwarcab Sumbawa Dikukuhkan

Sumbawa — Pengurus Majelis Pembimbing Cabang dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumbawa masa bakti2019-2018, secara resmi dikukuhkan, Senin (05/08/2013) di Wisma Daerah Sumbawa Besar. Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka NTB, Dr. Rosyiadi Sayuti.

Para pengurus yang dilantik yakni Bupati Sumbawa, Jamaluddin Malik, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabincab) Gerakan Pramuka Sumbawa beserta pengurus lainnya. Setelah dikukuhkan Ka Kwarda, kemudian Ka Mabincab mengukuhkan Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumbawa, H. Farhan Bulkiyah, SP., beserta para pengurus Kwarcab lainnya.

Ka Mabincab, Jamaluddin Malik, dalam sambutannya, mengemukakan, bahwa yang diperlukan dalam peresmian serta pengukuhan ini akan sebagai langkah maju ke depan. “Bukan saja semakin sanggup beranjak tapi outputnya membuat generasi yang berkualitas di hari-hari yg akan tiba,” ungkap JM sapaan akrab Jamaluddin Malik.

Ia mengakui, dukungan anggaran bagi pelaksanaan kegiatan gerakan pramuka di cabang Sumbawa belum maksimal. Tapi untuk Gerakan Pramuka dianggap tidak perlu dana besar, melainkan mencari bagaimana caranya bisa berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Diknas, Pariwisata, BPM-PD, Lingkungan Hidup dan SKPD terkait lainnya. Karena di sejumlah SKPD tersebut terdapat program pemberdayaan bagi generasi muda. Sehingga diharapkan Gerakan Pramuka masuk ke segmen tertentu sesuai Dasa Dharma dan program kerjanya.

“Jangan jadikan kendala dana sebagai kendala. Justeru sebagai tantangan buat bekerja lebih giat,” ujarnya.

Di samping itu, Ka Kwarcab menyingung soal kekuatan kiprah pramuka baik buat langsung dan berkiprah ke warga usahakan dilandasi menggunakan keiklasan. Itulah pondasi yg wajib dibangun terus buat mengabdi.

Menurutnya, pola-pola yg diterapkan pada Gerakan Pramuka, diadopsi oleh perusahaan akbar, misalnya kegiatan outbond. Dengan demikian, menaruh kesempatan bagi Gerakan Pramuka untuk bisa masuk lebih bergerak jauh lebih besar .

“Seluruh proses, baik didikan serta ajaran pramuka terkandung poly hal serta amat lengkap. Kalau ini sanggup diimplementasikan di pada kehidupan sehari-hari, kalau GP mampu berkiprah dalam hal itu kita bisa maju. Kita coba bekerja beserta-sama dan bergotong royong. Tidak terdapat yg nir bisa kita lakukan kalau nir bersama-sama,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, JM menyatakan, Gerakan Pramuka jangan mengedepankan hitung-hitungan angka serta uang. Tapi ke depankan hitungan menggunakan keihlasan buat bisa memberikan yg terbaik.

Sumber : //www.pulausumbawanews.com/wilayah/pengurus-mabincab-dan-pramuka-kwarcab-sumbawa-dikukuhkan/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel