Permainan Pramuka Siaga Transmigrasi Kelinci

Dalam latihan Pramuka Siaga di gugus depan, sangat identik dengan permainan-permainan, bernyanyi serta bertepuk tangan. Sifat kekanak-kanakan Pramuka Siaga harus dapat disalurkan secara baik supaya hak anak buat bermain yg nir dapat dilakukan di sekolah bisa tersalurkan dengan baik pada waktu latihan pramuka. Aneka permainan siaga pun wajib dimiliki sang setiap pembina Pramuka Siaga, tentu saja yg mengandung nilai-nilai yg baik, seperti keagamaan, kesehatan, ketelitian dan lain sebagainya. Permainan haruslah permainan yg bisa disukai oleh anak-anak siaga, jangan permainan yang terlalu serius atau berbahaya. Salah satu permainan yang sederhana adalah permainan Transmigrasi Kelinci.
Tujuan permainan Transmigrasi Kelinci ini bertujuan buat memupuk keberanian sambil mengenal sedikit mengenai apa itu Transmigrasi.

Permainan Pramuka Siaga - Transmigrasi Kelinci

  1. Pilih satu barung (5-10 anak) buat menjadi grup serigala, sedangkan barung-barung yang lain menjadi kelinci yang akan berpindah dari tempat yang tandus ke tempat yg fertile.
  2. Anggota barung (kelinci) lari menggunakan bebas menyeberangi daerah serigala menuju tempat yang subur buat menerima kuliner.
  3. Kelinci yang tertangkap sang serigala ikut sebagai serigala atau menjadi tawanan.
  4. Pemenangnya merupakan barung yang anggotanya paling sedikit tertangkap.
  5. Secara bergilir, barung sebagai grup serigala.

Untuk menyebarkan fantasi serta daya khayalan anak-anak siaga, memupuk rasa sayang hewan serta sesama sahabat, Yanda/Bunda menutup acara latihan menggunakan cerita "Anak Kelinci Cerdik".
Ada 200 ekor kelinci kelaparan, badannya kurus karena kurang menerima makanan. Rumahnya berada pada seti hutan yang gundul dan tandus, rumputnya kering di musim kering. Dua ekor anak kelinci yang cerdik mencari kuliner yang jauh menurut rumahnya. Lalu mengajak sahabat-temannya pindah ke tempat subur yg rumputnya segar serta subur. Waktu berpindah melalui loka serigala buas, namun selamat. Pindah ke loka fertile ini disebut dengan Transmigrasi.
Demikian sedikit permainan yg penulis kutip berdasarkan Karang Pamitran Nasional I 1983. Semoga berguna buat kita semua. Salam Pramuka!!!

Sumber: //pasukan-kusumayudha.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel