Out Door Games ODG Pramuka Meniti Tambang

Salam Pramuka...!!!

Kegiatan seperti apa yg menarik dan menantang buat peserta didik agar mereka permanen betah serta rajin mengikuti latihan pramuka? Pertanyaan seperti ini beberapa kali muncul di Inbox penulis. Saya sendiri sadar bahwa saya merupakan pembina yg berusia masih relatif muda, sebagai akibatnya pengalaman pun belum seberapa, terutama pada pelatihan pada Gerakan Pramuka. Tetapi penulis permanen berusaha buat menaruh sedikit citra-citra kegiatan yang menarik untuk kakak terapkan pada gugus depan masing-masing. Ingat, serumit atau semudah apapun kegiatan tadi haruslah disukai serta bermanfaat buat anggota Pramuka dalam khususnya dan masyarakat luas dalam biasanya.

Kak Hayun (Kwarran Metro Kibang) sedang meniti tambang

Meniti Tambang atau apapun namanya merupakan sebuah permainan yang tak jarang kali kita jumpai, dimana terdapat penjelajahan / hiking / LLAHR / LLDHR atau sejenisnya, disitulah ada rintangan meniti tambang. Walau sederhana, aktivitas ini terbukti tidak membosankan buat Pramuka, khususnya Pramuka Penggalang.

Peralatan :

  1. Tambang ukuran besar 10-50 meter
  2. Tambang berukuran sedang 10-50 meter
  3. dua butir tiang atau pohon buat mengikat

Pelaksanaan :

  1. Ikatlah tambang besar dalam 2 buah tiang yang sangat bertenaga atau pada pohon yg besar .
  2. Ikatlah tambang yang ukuran sedang 2 meter pada atas tambang besar menjadi pegangan.
  3. Akan lebih menantang bila tambang diikat menggunakan melewati sebuah sungai yg tidak terlalu pada, sawah, atau lumpur supaya permainan lebih menantang (Ingat!!! Perhatikan keselamatan peserta)
  4. Peserta dapat melewati rintangan satu persatu ada 2-tiga orang sekaligus apabila tambangnya dirasa relatif bertenaga.

Demikian sedikit gambaran Permainan yg sederhana, gampang-mudahan dapat menambah sedikit surat keterangan saudara tertua mengenai permainan yg menarik dan menantang. Demikian dan terima kasih. Salam Pramuka!!!

Oleh : Pakcik Yahya Siaga

Sumber: //pasukan-kusumayudha.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel