Persiapan Raimuna Nasional 2012 Telan Rp 32 Miliar

Persiapan penyelenggaraan Raimuna Nasional 2012 di Papua diperkirakan menelan dana Rp32 Miliar buat perbaikan seluruh fasilitas seperti jalan, stadion, MCK (mandi, cuci, kakus) serta sebagainya, kata Ketua Harian Pramuka Cabang Papua, Amos Asmuruf, pada Sentani, Rabu.
"Untuk menghadapi perhelatan besar pramuka ini, mulai kini dilakukan pembenahan serta pemugaran seluruh fasilitas di bumi perkemahan Buper Waena (Kota Jayapura)," katanya.
Sehubungan itu, beliau meminta dukungan material juga moril dari semua kepala wilayah di provinsi tertimur Indonesia ini.
Dikatakannya, buat mensukseskan perhelatan besar Pramuka tersebut Kwarda Papua harus mempersiapkan fisik dan SDM, lantaran Raimuna Nasional 2012 akan dihadiri puluhan ribu peserta baik pada� juga luar negeri termasuk kepanduan dunia.
Kata "Raimuna" berasal berdasarkan wilayah Yapen, tepatnya menurut Pulau Ambay, Papua.
Menurut Amon, Raimuna dari dari kata Rai dan Muna yg artinya pertemuan kepala suku pada suatu lembaga yang membuat suatu tujuan suci buat kepentingan beserta.
Dalam dunia kepramukaan, Raimuna adalah sebutan buat rendezvous Pramuka Penegak serta Pandega dalam bentuk perkemahan akbar yg diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.
Raimuna Nasional VIII yg diadakan dalam 2003 adalah Raimuna Nasional pertama yang diadakan diluar "norma" , Raimuna Nasional VIII diadakan di Taman Candi Prambanan-Yogyakarta , umumnya Raimuna Nasional diselenggarakan di Bumi Perkemahan WILADATIKA - Cibubur-Jakarta.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel