Peserta Jamnas 2019 Akan Diajari Ilmu Tentang Basarnas pramuka.or.id

‎
Jakarta, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Tentara Nasional Indonesia F.H.B. Soelistyo menyambut baik diadakannya aktivitas Jambore Nasional (Jamnas) ke X pada Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur 14-21 Agustus2019.
Kak Soelistyo mengatakan, pihaknya siap meramaikan kegiatan ini dengan memberikan ilmu kepada peserta Jamnas tentang Basarnas. ‎Sebab, Basarnas juga mempunyai program Basarnas Go to scholl.
“Jadi nanti para peserta akan dipandu buat memahami bagaimana cara kerja tim Basarnas,” kata Kak Soelistyo saat bertemu menggunakan pengurus Kwartir Nasional pada kantornya, Senin (18/4/2016)
Kegiatan Basarnas mencakup bagaimana cara melakukan penanganan atas musibah yang terjadi di perairan maupun di darat. Penanganan yang dimaksud adalah meliputi 2 hal, pencarian dan pertolongan terhadap korban.
“Kami harapkan ketika mereka (para peserta jamnas) pulang ke daerah, mereka bisa cerita mengenai Basarnas‎,” tuturnya.
Kak Soelistyo menuturkan, ilmu itu akan diberikan pada bentuk teori dan praktek. Secara teori akan diberikan pada ketika peserta Jamnas mengunjungi Kantor Basarnas. Kemudian, prakteknya nanti akan diajari bagaimana menggunakan prahu karet.
“Nanti kita akan perintahkan anggota buat stand bay pada lokasi. Untuk kegiatan pada air kita akan dampingi, lantaran perlu supervisi,” jelasnya.
Pertemuan Kwarnas dengan Basarnas diwakili sang Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Rafli Effendy serta Kak Editha Rahaded (Ita) Waka Bidang Bina Anggota Muda sekaligus, Ketua Panita Penyelenggara Jamnas2019. Pertemuan tersebut membahas kerjasama antara Kwarnas dengan Basarnas. (HA/ Humas Kwarnas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel