Pramuka.or.id Basarnas Dukung Penuh Jamnas 2019


Foto rendezvous Kwarnas menggunakan Basarnas pada rangka membahas Jamnas2019.

Jakarta, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan pertemuan menggunakan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsda TNI F.H.B. Soelistyo, di Kantor Basarnas, Senin (18/4/2016).
Pertemuan itu menyampaikan kerjasama antara Kwarnas serta Basarnas terkait program Jambore Nasional ke X yg akan diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus2019.
Sekretaris Jenderal Kwarnas, Kak Rafli Effendy menyampaikan, ‎Jamnas tahun ini sedikitnya akan dihadiri oleh 25.000 peserta. Selama satu minggu kegiatan Jambore nanti akan diadakan di lokasi, dan setengahnya akan diadakan pada luar.
“Di luar itu misalnya mengunjungi beberapa instansi pemerintahan, serta pula tempat rekreasi seperti Monumen Nasional, serta pula Jungle Land,” kata Kak Rafli.
Untuk itu, pihak penyelenggara kata Kak Rafli, masih membutuhkan beberapa hal berupa bahtera karet buat permainan di air. Kemudian, tenda buat panitia serta pendamping. Serta beberapa anggota Basarnas buat ditempatkan dilokasi untuk mendampingi dan mengawasi aktivitas Jamnas.
Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Jamnas Kak Editha Rahaded menambahkan, pendamping peserta Jamnas kurang lebih berjumlah 2200 orang. Untuk itu, pihaknya berharap terdapat bantuan tenda serta bantuan buat aktivitas di air menurut Basarnas.
“Kita pula memohon donasi bus buat akomodasi para peserta selama mengikuti Jamnas. Jika memang teknisnya kita wajib meminjam berdasarkan Basarnas, tentu akan kita siap buat mengembalikannya,” tuturnya.
Menanggapi hal itu, ‎Kak Soelistyo mengungkapkan, Basarnas siap membantu apa yang masih sebagai kekurangan Jamnas. Ia merasa, Basarnas serta pramuka masih saling berkaitan, lantaran di pramuka terdapat juga pengetahuan khusus mengenai sar.
“Anak-anak pramuka itu bisa mewujudnya kemampuan tekhnik SAR buat lalu sanggup terjun ke rakyat,” pungkasnya.
‎Untuk permohonan peminjaman Perahu karet, Basarnas sanggup meminjamkan. Kendaraan yang dimiliki Basarnas kebanyakan truk, tetapi terdapat beberapa bus. Kebutuhan donasi buat Jamnas berdasarkan Basarnas nanti akan dinventarisir.
“Nanti dipetakan saja. Untuk Kegiatan pada air, nanti akan terdapat pengawas serta tim pendamping menurut basarnas, lantaran aktivitas pada air cukup beresiko, tentu sine qua non pendamping & Basarnas akan siapkan tim pendamping,” tuturnya.
Pada prinsipnya Kak Soelistyo menyatakan, Basarnas siap membantu penyelenggaraan suksesi Jamnas X2019.‎ “Pesan saya, mengingat rencana jamnas ini melibatkan lebih kurang 25.000 orang, maka kesiapan kegiatan ini harus benar2 di manage terus, terutama sang para panitia,” jelasnya. (HA/Humas Kwarnas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel