POTENSI PERIKANAN TANGKAP DI BANDA ACEH

Potensi Perikanan Tangkap Di provinsi Banda Aceh - Kondisi armada kapal penangkapan ikan pada Aceh lebih didominasi olehkapal-kapal kecil yang berukuran < 6 GT (Gross Tonnage) yang biasanyahanya beroperasi pada daerah kurang lebih pantai. Berdasar data dari Dinas Kelautandan Perikanan Provinsi Aceh (2009), 

jumlah kapal perikanan di Provinsi Aceh16.656 unit kapal yang terdiri menurut 0 hingga dengan 60 GT (Gross Tonase),sedangkan kapal menggunakan bobot lima hingga dengan 60 GT sebanyak 8.905 unit. Secara kondisi geografis provinsi aceh dihimpit oleh lautan hindia dan selat malaka. Dan perikanan masih belum terkelola aporisma, selain peranan pemerintah dibutuhkan partikelir ikut berpastisifasi membangun perikanan tangkap pada Aceh

Potensi Perikanan Tangkap Di provinsi Banda Aceh


- Kurangnya galangan kapal pada aceh.

Kapal perikanan yg terdapat pada Provinsi Aceh pada umumnya dan khususnya KotaBanda Aceh pembangunannya masih menggunakan galangan tradisional, pembangunankapal tersebut dilakukan pada daerah aliran sungai (DAS) maupun di wilayah pinggirpantai. Pembangunan kapal perikanan tersebut dilakukan menggunakan tekniktradisional, sebagai akibatnya umur kapal tadi lebih rendah. Oleh lantaran itulahperlu adanya sebuah galangan kapal perikanan modern, ini dikarenakanpembangunan kapal perikanan bukan hanya berkonstruksi kayu, tetapi juga dengankonstruksi fiber, laminasi maupun baja.


- Masih kurangnya unit pengelolaan produk perikanan.

Pabrik- pabrik pengelolaan masih belum terdapat di provinsi aceh sehingga banyak nelayan yang menjualnya keluar berdasarkan daerah aceh. Kebanyakan menjualnya pada wilayah medan lantaran di sana poly pabrik2 pengelola ikan.

- Kurang maksimalnya Tempat pelelangan ikan.

Pelelangan ikan sebagai akhir menurut proses penangkapan ikan. Karena disini laba nelayan serta kesejahteraan nelayan sangatlah ditentukan. Manfaat tempat pelelangan ikan selain buat loka jual beli ikan juga sanggup menambah devisa atau pemasukan buat provinsi aceh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel