Pramuka di Medan Harus Miliki Sumber Dana Sendiri

MEDAN - Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Rapat Kerja Pramuka Kwartir Cabang Kota Medan tahun2019 pada Garuda Plaza Hotel Medan, Rabu (25/9). 

Diharapkan rapat ini dapat memformulasikan acara-program kerja yg bisa mempertinggi kiprah aktif pramuka di tengah-tengah rakyat Kota Medan.

Dihadapan Ketua Harian Kwartir Cabang Kota Medan Drs H Chairul Anwar, Sekretaris Kwartir Cabang Kota Medan Drs H Ahmad Samadi, sejumlah pimpinan SKPD serta Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka, Eldin kembali mengingatkan tentang tiga revitalisasi gerakan pramuka. Pertama memperkuat dasar hukum gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal di tanah air. Hal itu dimulai dari kelembagaan di tingkat kwartir ranting yang harus permanen dibina dan diubahsuaikan dengan ketentuan organisasi.

Kedua, lanjutnya, pembaharuan sistem pendidikan kepramukaan. Pembaharuan ini terus terproses buat dilaksanakan pada Kwartir Cabang Medan. Sedangkan yg ketiga merupakan kemandirian organisasi. Untuk itu diperlukan kerja keras dan pembiayaan cukup akbar guna menopang kegiatan pramuka.

“Kita menyadari nir mungkin selamanya bergantung pada bantuan pemerintah. Untuk menjaga oronomi serta idenpendensi organisasi, Gerakan Pramuka wajib mempunyai asal dana sendiri. Untuk itu sebagaimana yg telah diamanahkan UU No.12 tahun 2010. Saya menghimbau kiranya seluruh kwartir ranting dapat mulai memikirkan serta berupaya buat membangun unit usaha yang dimaksud,” istilah Eldin.

Sebagai langkah awal, kentara Eldin, setiap kwartir ranting perlu melakukan pendataan aset yang dimiliki. Tentu saja pengembangan serta pengelolaan aset pada bentuk badan bisnis bisa dilakukan berhubungan menggunakan pihak ketiga. Yang krusial sepanjang menguntungkan serta bermanfaat bagi Gerakan Pramuka.

Eldin selanjutnya mengingatkan, selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan, Gerakan Pramuka memiliki peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi belia yang saat ini telah menjadi dambaan primer masyarakat Indonesia. Untuk itu dia mengajak semua bisa kembali beserta-sama memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yg tercantum dalam Trisatya dan Dharma Pramuka.

Di penghujung sambutannya, Eldin selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Medan berharap agar kedap kerja ini akan membuat pedoman kegiatan Kwartir Cabang Kota Medan yg menjadi acuan bagi kwartir ranting pada melakukan aneka macam pengembangan aktivitas kepramukaan di gugus depan.

Sementara itu berdasarkan Ketua Harian Kwartir Cabang Kota Medan Drs Chairil Anwar, tujuan kedap kerja ini dilakukan buat menghayati konflik-p;ermasalahan stategi yang dihadapi oleh Grekan Pramuka dalam upaya melaksanakan penyelenggaraan kepramukaan sinkron dengan amanah Muscab tahun 2009 dan masa depan Gerakan Pramuka.

“Selain itu pula buat meningkatkan serta meningkatkan kecepatan komunikasi internal Gerakan Pramuka, khususnya di jajaran Kwartir Cabang Medan,” kata Chairil.

Sumber :  //medan.tribunnews.com/2013/09/25/pramuka-di-medan-wajib -miliki-sumber-dana-sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel