PRAMUKA JATIM SIAP IKUTI JOTAJOTI NASIONAL DAN ASIA PASIFIK AIR/INTERNET JAMBOREE

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bakal menyelenggarakan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-71 Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-29 serta partisipasi dalam 8th Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree. Dalam kegiatan yg akan digelar tiga hari mulai 3-lima Agustus mendatang, Kwarda Jatim pun sekarang menyatakan siap bergabung.
Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Jatim, Kak Miftakhul Khoiriyah mengungkapkan, untuk koordinasi dengan Kwarcab, Kwarda Jatim telah memberikan surat edaran ke seluruh cabang. Selain itu, pihaknya kini jua tengah menjalin kerjasama dengan ORARI (Oraganisasi Radio Amatir Republik Indonesia) Daerah Jawa Timur.
 “Dari pengalaman sebelumnya, peminat Joti lebih poly, lantaran akses internet gampang didapat. Tetapi, untuk peserta Jota selama ini masih nisbi sedikit, lantaran hambatan alat-alat radio amatir yang langka serta jarang dimiliki,” pungkasnya.
Namun, lanjut dia, sebelum aplikasi dimulai lepas tiga Agustus, pihaknya akan mulai mengudara dan berkoordinasi dengan kwarcab terlebih dahulu sebelum melakukan sambungan dengan kwarnas serta peserta se-Asia Pasifik. “Dengan koordinasi awal itu, kami akan memetakan cabang mana saja yg siap mengikuti Jota-Joti Asia Pasifik,” ujarnya.
Dalam pelaksanaannya, peserta akan bisa saling berkomunikasi melalui media radio serta internet. Pada dasarnya poly kelebihan bagi peserta Jota-Joti. Misalnya, pada hal komunikasi, peserta bisa berdiskusi secara pribadi setiap hari selama aplikasi dengan tema yg tidak selaras bersama seluruh pramuka se-Asia Pasifik yang bergabung. Sehingga, jaringan bisa diperluas serta perkembangan informasi kepramukaan tentunya akan bisa diketahui menggunakan cepat.
Untuk lokasi stasiun induk akan ditempatkan di Sekretariat Kwarda Jatim. Ia pun meminta dalam seluruh DKC se-Jatim buat dapat mengikuti program tersebut. Pasalnya, sejauh ini antusiasme berdasarkan DKC pada pelaksanaan Jota Joti masih minim. Ini terbukti berdasarkan aktivitas taraf nasional yg digelar oleh Kwarnas, lantaran hanya beberapa DKC saja yg dapat bergabung, di antaranya dari Gresik, Magetan, serta Sidoarjo.
Adapun aplikasi Jota Joti juga merupakan bentuk aplikasi menurut pada circular World Bureau of The World Organization of The Scout Movement No 021 Tahun 2009, Asia Pasific On The Air Internet (APA) dan Asia Pasifik On The Internet (API). (afr)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel