Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung

Pelepasan Kontingen Jambore Dunia ke-23 Jepang Pesan Jokowi buat Kontingen Pramuka Indonesia ke Jepang

Posted: 24 Jul2019 07:42 PM PDT

Jakarta—Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka melepas embarkasi 462 kontingen Pramuka Indonesia yg akan berkecimpung pada Jambore Dunia ke-23 di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang, 28 Juli – 8 Agustus2019. Kontingen Indonesia itu akan bergabung beserta kurang lebih 40 ribu peserta lainnya menurut 105 negara sedunia.

"Selamat atas terpilihnya kalian mewakili negara tercinta. Kalian merupakan putra putri terbaik. Atas nama semua rakyat Indonesia, aku ingin mengucapkan ' Selamat berjuang!' Adik-saudara termuda mendapatkan amanah sebagai duta bangsa Indonesia, membawa nama baik, gambaran dan wajah Indonesia," kentara Jokowi dalam upacara pelapasan yg di halaman Istana Merdeka dihadiri beberapa menteri dan tamu undangan, Jum’at (24/7/2015).

Menurut Jokowi, tema Jambore Dunia pada Jepang kali ini sama menggunakan semangat bangsa Indonesia, yaitu “Wa” atau, Spirit of Unity, semangat persatuan yang terwakili spirit Bhinneka Tunggal Ika. "Saya berpesan, tampilkan bahwa Pramuka Indonesia mempunya kepribadian yang bertenaga, karakter Indonesia. Adik-saudara termuda wajib menampakan jati diri, karakter serta profesionalitas menjadi pramuka Indoenesia," tandas Jokowi.

"Tunjukkan menggunakan penuh keyakinan diri, dengan penuh pujian diri bahwa gerakan pramuka Indonesia merupakan keliru satu gerakan kepanduan terbaik pada Dunia. Saya konfiden serta percaya itu," tambahnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan bahwa Jambore Dunia adalah ajang pertemuan pramuka taraf penggalang menurut semua global dalam bentuk perkemahan akbar yang diadakan setiap empat tahun sekali. Pertama kali digelar dalam 1920 di Inggris, Jambore Dunia pada Jepang ini merupakan yang ke-23 dan bertepatan dengan 70 tahun peristiwa bom atom Hiroshima serta Nagasaki.

Menurut Adhyaksa, kontingen Gerakan Pramuka Indonesia terdiri berdasarkan 462 orang, yg dipimpin langsung oleh Kak Fachry Sulaiman, menggunakan rincian: 22 staf, 10 panitia internasional, 43 pembina, 382 peserta (setingkat Penggalang) dan 5 orang operation Kirarahama. Total 462 dari 29 Kwartir Daerah.yang nir mengirim, Kwarda Bengkulu, Sulawesi Barat, Bali dan Papua.

Pada kesempatan lain, Kak Adhyaksa Dault mengungkapkan 3 pesan penting buat anggota Pramuka yg berangkat ke Jepang. Pertama, jangan minder serta respek. Semua insan di muka bumi sama derajatnya, diberi otak yang sama. "Anak Pramuka harus percaya diri dan hormat pada siapapun, nir peduli berdasarkan negara maju atau belum maju," tegas Adhyaksa Dault.

Kedua, perdalam wawasan keindonesiaan. Indonesia adalah Negara akbar yang bisa mempersatukan ribuan pulau serta kepercayaan , nir terdapat Negara lain yang secara geografis misalnya Indonesia. Pramuka harus memiliki pengetahuan keIndonesiaan menggunakan baik, sebagai akibatnya bisa mejelaskan banyak sekali pertanyaan tentang Indonesia. "Ingat, kita seluruh adalah duta bangsa," ujarnya.

Ketiga, bangun jaringan. "Pulanglah menggunakan membawa kenalan serta kontaknya, alamat media, media sosialnya, serta lain-lain." Pramuka adalah bagian berdasarkan warga global, pramuka wajib paham info-isu internasional seperti pemanasan dunia, kemiskinan serta perdamaian. "Harumkan nama Indonesia pada pentas Jambore Pramuka sedunia," harap Adhyaksa Dault.
(Kak Luqman/ Humas Kwarnas/ BSN)

Buka Puasa Bersama Saka Bayangkara Kwarcab Kota Bandung

Posted: 23 Jul2019 08:45 PM PDT

Caption : Kak Endang Sarwoto perwakilan pengurus Kwarcab Kota Bandung menceritakan seputar pengalamannya  selama berkegiatan pramuka sekaligus memberikan motivasi pada para anggota Pramuka Saka Bayangkara dalam program Buka Puasa Bersama Satuan Karya Pramuka Bayangkara Kwarcab Kota Bandung di Masjid Mapolres Bandung Tengah, Jalan Ahmad Yani Bandung, Rabu (15/7/2015).

"Satbinmas Polrestabes Bandung memiliki 9 program kerja, keliru satunya training Saka Bayangkara dan kami berusaha supaya aktivitas Saka Bayangkara mulai berdasarkan taraf Polsek, Polres bisa sampai ke tingkat sektor, selain itu kami berharap kegiatan seperti ini jangan sampai terputus dan kedepannya setiap bulan ada evaluasi pada taraf Polres agar menjadi bahan perhatian berdasarkan setiap Kapolsek terkait aktivitas Saka Bayangkara," ujar Kepala Satuan Lalu lintas Kepolisian Resort Kota Besar Bandung, Ajun Komisaris Besar Adi selaku Pimpinan Saka Bayangkara Kwarcab Kota Bandung pada sambutan singkatnya pada acara Buka Bersama Satuan Karya Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung di Masjid Markas Polisi Resort Bandung Tengah, Jalan Ahmad Yani Bandung, Rabu (15/7/2015). Acara tadi diikuti sejumlah anggota Saka Bayangkara perwakilan menurut tiap Polsek se-Kota Bandung. Selain itu, senada dengan kak Adi, Kompol. Sutorih, pejabat Analisa Kebijakan Polrestabes Bandung selaku Andalan Saka Kwarcab Kota Bandung, mengharapkan agar Kegiatan Saka Bayangkara Kwarcab Kota Bandung kedepan mampu lebih berkembang. "Tujuan kita berkumpul disini nir hanya membahas program, akan tetapi menyangkut juga apa yang menjadi tujuan kita kedepan, bahwa keikutsertaan kita pada Saka Bayangkara ini merupakan batu loncatan buat bisa meraih masa depan sama misalnya para anggota saka lainnya," ujar kak Sutorih yang turut berterimakasih kepada para anggota Saka Bayangkara yg turut berartisipasi dalam Operasi PAM Ketupat2019. Selanjutnya kak Endang Sarwoto selaku Wakil Ketua Kwarcab Kota Bandung Bidang Abdimas mengawali sambutannya dengan menceritakan pengalamannya seputar kepramukaan sekaligus memberi motivasi agar setiap anggota pramuka permanen semangat pada menjalankan kegiatan serta dilandasi nrimo dalam berbakti kepada negara serta bangsa. Selain itu, kak Aipda Pol. Adi Mulyadi selaku Pamong Saka Bayangkara Kwarcab Kota Bandung berharap adanya perhatian atau dukungan baik menurut Pin Saka, Andalan, juga pihak terkait lainnya yang lebih baik dalam rangka pengembangan Saka Bayangkara. Hadir juga dalam acara silaturahmi ini perwakilan Dewan Kerja Cabang Kota Bandung dan undangan lainnya. (Benny K/ BSN)

You are subscribed to email updates from Pramuka Kota Bandung
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel