Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung

KMD SMAN 24 Bandung2019

Posted: 24 Jun2019 01:55 AM PDT

Kak Muhammad Ikhsan, AR., menurut Pusdiklatcab Kota Bandung menaruh materi tentang Manajemen Resiko kepada peserta pada hari ke 2 pelaksanaan KMD SMAN 24 Bandung, pada kompleks SMAN 24 Bandung, Jalan A.H. Nasution No.24 Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yang dibuka pribadi Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Bidang Bina Muda kak Mahyudin ini, diikuti sebanyak 43 orang guru.

Tidak hanya dikaitkan menggunakan acara Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Nasional mengenai Kurikulum Pendidikan Kepramukaan2019 dan Ekstrakulikuler Wajib Kepramukaan yg menuntut setiap sekolah buat melaksanakannya. Namun pada posisi yang sama, pada hal acara pembentukan karakter anak didik sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter pada aktivitas kepramukaan." Dengan mengikuti KMD, para guru lebih spasifik lagi mendapat materi mengenai kepramukaan. Terutama mengenai pembentukan nilai-nilai iman serta taqwa anak didik melalui pendidikan karakter dalam kepramukaan," ujar Dra. Latifah, selaku Wakil Kepala SMAN 24 Bandung Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) waktu ditemui TP di hari kedua Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) SMAN 24 Bandung, pada kompleks SMAN 24 Bandung, Jalan A.H. Nasution No. 24 Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yang dilaksanakan menurut 23-24 Juni2019 tadi dibuka eksklusif kak Mahyudin selaku Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Bidang Bina Muda serta diikuti 43 orang guru.
Latifah mengungkapkan, pramuka adalah ekstrakulikuler wajib dan melalui KMD ini, poly pesan tersirat yang bisa diambil." Hikmah yang dirasakan saat mengikuti KMD ini, para pengajar dapat lebih tahu kepramukaan lebih luas dalam kebersamaan sesama guru dan kedepannya bisa sinergis beserta anak didik, " lanjut Latifah yg bangga terhadap prestasi anak didik-siswi SMAN 24 Bandung keliru satunya melalui kegiatan ekstrakulikuler.
Ditempat yang sama, kak Nani Rohayani, S.pd., berdasarkan Pusdiklatcab Kota Bandung menargetkan materi KMD yang diberikan bisa dipahami semua peserta." Materi yang disampaikan kita kemas dengan cara permainan kepramukaan serta secara umum dikuasai para peserta sangat antusias buat mengikutinya dan mereka tampaknya bersemangat ingin menjadi pembina pramuka dan siap membina di pangkalannya," ujar kak Nani. Selanjutnya buat agenda berkemah, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus2019. (TP)

KMD SMAN 8 Bandung2019

Posted: 24 Jun2019 12:03 AM PDT

Salah satu gerombolan putri mempraktekan cara menggunakan bendera semapore didampingi Kak Alex K Pramiadi dari Pusdiklacab Kota Bandung dalam hari kedua aplikasi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) SMAN 8 Bandung yang dimulai dari 23-24 Juni2019, di kompleks SMAN 8 Bandung, Jalan Selontongan No. Tiga Buah Batu Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang pengajar.

Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum pendidikan kepramukaan2019 serta ekstrakulikuler wajib pramuka, pihak sekolah dalam hal ini para guru tidak hanya cukup mendapat materi sosialisasi seputar kepramukaan saja, perlu pemahaman lebih keliru satunya melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar supaya saat membina peserta didik dilapangan metode pendidikan yg digunakan sinkron menggunakan metode kepramukaan yang berlaku." Dari KMD ini, pengajar-pengajar perlu mendapat pembekalan awal mengenai metode kepramukaan, agar waktu membina kurikulum pendidikan kepramukaan2019 dan ekstrakulikuler wajib kepramukaan pada siswa, sinkron menggunakan metode yang berlaku," ujar Drs. Abdul Latief, M.pd., selaku Wakil Kepala SMAN 8 Bandung Bidang Kurikulum ketika ditemui TP disela-sela aktivitas hari kedua pelaksanaan KMD SMAN 8 Bandung, pada kompleks SMAN 8 Bandung, Jalan Selontongan no. Tiga Buah Batu Bandung, Selasa (24/6/2014). Kegiatan yg diikuti lebih kurang 40 orang pengajar ini telah dimulai menurut 23-24 Juni2019. Menurut Abdul, ketika ini pelaksanaan acara pendidikan kepramukaan2019 tidak cukup memakai sistem blok saja." Tidak mampu hanya dengan sistem blok saja, tentunya perlu diimbangi menggunakan kegiatan latihan ekskul pramuka dilapangan seperti pada SMAN 8 Bandung selalu dilaksanakan setiap hari sabtu dan dalam tahun ajaran baru nanti akan dilaksanakan per empat kelas, "jelas Abdul yang menyatakan, acara sekolah tentang pendidikan karakter ternyata sinergis menggunakan nilai-nilai pendidikan karakter pada kepramukaan.
Dalam kegiatan yang dibuka eksklusif Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, H. Weng D Riyanto, M.ag., tadi, para peserta lebih menyukai materi KMD pada luar ruangan. " Peserta lebih bahagia menerima materi KMD pada luar ruangan, lantaran sembari mempraktekan langsung setiap materi yang disampaikan. Semoga seluruh muatan materi selama dua hari ini dapat dipahami seluruh peserta," ujar Hj. Lilies Karliah dari Pusdiklatcab Kota Bandung. Selanjutnya, untuk kegiatan berkemah, rencananya akan dilaksanakan dalam bulan Agustus2019. (TP)

You are subscribed to email updates from Pramuka Kota Bandung
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel