Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung

Saresehan Geologi Populer : Gunung Api Purba Dan Manfaatnya

Posted: 16 Feb2019 11:45 PM PST

Caption: Ahli Gunung Api Purba Badan Geologi,  Prof.dr.ir.sutikno Bronto menjelaskan pada para peserta mengenai manfaat Gunung Api Purba pada acara Saresehan Geologi Populer pada Auditorium Geologi Lt.I, Badan Geologi, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (16/dua/2015).

Ditinjau menurut segi pendayagunaannya, pembelajaran geologi gunung barah purba sangat bermanfaat buat mendukung inovasi sumber baru tenaga dan mineral, pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bala geologi." Sebenarnya pembelajaran geologi gunung api yang mendalam bisa membantu menemukan sumber energi serta mineral serta mendukung pengelolaan lingkungan hidup serta kebencanaan geologi," ujar Ahli Gunung Api Purba Badan Geologi, Prof. Dr.ir. Sutikno Bronto pada paparannya berjudul "Gunung Api Purba serta manfaatnya" dalam acara Saresehan Geologi Populer yang diselenggarakan Badan Geologi pada Auditorium Lt.I Badan Geologi, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (16/dua/2015). Acara yang diikuti pelajar, mahasiswa, dan warga generik ini dihadiri pula T. Bachtiar berdasarkan Geomagz. Menurut Sutikno, gunung barah purba merupakan gunung barah yg kini sudah mangkat , bahkan sudah terkikis sangat lanjut sebagai akibatnya penampakan fisik sudah tidak kentara misalnya gunung barah aktif masa kini ."Dengan mengusut gunung api masa kini bisa sebagai kunci buat mengidentifikasi gunung barah aktif masa lalu, melalui ilmu bentang alam, ilmu batuan, serta ilmu struktur geologi," jelas Sutikno yang sempat menyayangkan sampai ketika ini masih jarang pakar geologi yang mau memeriksa tentang geologi gunung api.
Selanjutnya Sutikno menerangkan beberapa gunung barah purba yang terdapat pada wilayah Bandung dan sekitarnya seperti Gunung Sangga Buana, Jatiluhur, Cupunagara, Baleendah, dan Soreang,termasuk wilayah lainnya pada Indonesia." Secara perinsip gunung api purba bisa aktif balik bila dipicu sang gerak tektonik atau dinamika bumi setempat, karena itu pada rangka  mengantisipasi ancaman bahaya gunung barah purba di masa yg akan tiba, perlu dilakukan penelitian yg lebih mendalam mengenai gunung barah, tektonik, serta magma," lanjut Sutikno yg sudah menerbitkan kitab pertamanya berjudul " Geologi Gunung Api Purba". Usai pemaparan program dilanjutkan menggunakan diskusi. (Benny K/ MOTP)

You are subscribed to email updates from Pramuka Kota Bandung
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel