PROSA LAMA


A.PengertianProsa Lama

Prosalama merupakan sastra ekspresi yang berkembang di rakyat, terutama pada masalalu. Penyebaran cerita usang atau cerita rakyat disampaikan oleh seseorangkepada orang lain melalui penuturan verbal, yakni penciptaan, penyebaran, serta pewarisannyadilakukan secara verbal melalui celoteh istilah berdasarkan verbal ke ekspresi pada kalanganmasyarakat pendukungnya secara turun–temurun dari satu generasi ke generasi

B.CiriProsa Lama

Ciri-ciriProsa Lama :

1)Dipengaruhi oleh sastra Hindu atau Arab.

2)Ceritanya anonim “tanpa nama”

3)Milik bersama.

4)Bersifat statis, sesuai menggunakan kondisi warga waktu itu.

5)Berbentuk hikayat, tambo, dongeng”pembaca pada bawa ke alam imajinasi”

C.jenis-jenis Prosa Lama

WilliamR. Bascom pada James Danandjaja (2007 : 50) membagi cerita warga atau ceritaprosa masyarakat (folk literature) ke dalam tiga kelompok, yaitu (1) mite, (myth)(2) legenda (legend), (3) dongeng (folktale). Sejalan pembagian yg dilakukanoleh Bascom, Haviland (1993 : 230) juga membagi cerita masyarakat ke pada tigakelompok akbar, yaitu (1) mitos, (dua) legenda, (3) dongeng.

Berikutini penerangan tentang jenis cerita warga yang hanya dibatasi dalam mite/mitos,legenda, dan dongeng.

1.mite atau mitos berasal menurut bahasa Yunani mythos yang berarti cerita yaknicerita tentang yang kuasa-yang kuasa dan pahlawan-pahlawan yang dipuja-puja. Mitos adalahcerita mengenai tuhan-tuhan kudus yg mendukung sistem agama atau kepercayaan (religi), contohnya merupakan cerita-cerita yg menampakan dari usul global,kehidupan insan dan kegiatan-aktivitas hayati misalnya bercocok tanam, misalnyatentang kepercayaan Dewi Sri atau istiadat adat yang lain (Suripan Sadi Hutomo,1991 : 63).
Contohcerita mengenai dewa-dewi merupakan Dewi Sri. Menurut cerita mite jenazahya menitismenjadi padi, sehingga Dewi Sri dipercaya sebagai Dewi Padi serta lambangkesuburan.
Miteyang berkembang luas pada kehidupan warga Jawa merupakan Nyi Roro Kidul, KiAgeng Sela, serta sebagainya.

2.legenda merupakan cerita yg mengisahkan berasal-usul satu tempat atau peristiwazaman silam. Menurut Sudjiman (1986: 29) legenda adalah cerita rakyat tentangtokoh, peristiwa, atau tempat tertentu yg mencampurkan liputan historis danmitos. Sudikan (1985: 43) berpendapat bahwa legenda adalah sebuah cerita yangdihubungkan dengan keajaiban alam. Misalnya; Jaka Tingkir pada Jawa Tengah,cerita Panji pada Jawa Timur, dan sebagainya. Legenda setempat merupakan legendayang berhubungan dengan dari mula suatu loka, nama tempat dan topografi,yaitu bentuk permukaan suatu wilayah yg berbukitbukit, berjurang, dansebagainya (James Danandjaja, 2007: 75-83). Contoh legenda adalah Candi RoroJonggrang, Tangkuban Perahu, Danau Toba, serta sebagainya.

3.dongeng Menurut Sudjiman (1986: 15) adalah cerita tentang makhluk khayalis.makhluk khayali yang menjadi tokoh-tokoh cerita semacam itu biasanyaditampilkan menjadi tokoh yg mempunyai kebijaksanaan buat mengatur masalahmanusia menggunakan segala macam cara. Bascom pada James Danandjaja ( 2007:50)menyatakan bahwa dongeng adalah cerita prosa warga yg dipercaya tidakbenar-benar terjadi oleh yang memiliki cerita, serta dongeng tidak terikat olehwaktu juga loka. Dongeng adalah cerita yang nir benar-benar terjaditerutama pada zaman dahulu.

SumberPustaka
Mudini,dkk. 2016. Teori Dan Genre SastraIndonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik serta TenagaKependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru serta Tenaga Kependidikan.

POSTINGANTERKAIT

SoalKompetensi Pedagogik serta Profesional Lengkap Baca DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel