Revitalisasi Pramuka Hilangkan Kesan Katrok

Denpasar (Antara Bali) - Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali Ketut Wija mengatakan, revitalisasi metode aktivitas Pramuka sebagai upaya buat menumbuhkan kecintaan pada generasi muda.
"Selama ini terkesan Pramuka kurang digemari, lantaran dianggap katrok, kurang terkini. Yang perlu direvitalisasi metode kegiatannya," pungkasnya yang juga Asisten II Pemprov Bali, pada Denpasar, Minggu.
Menurut dia, apabila mau menaruh pendidikan karakter pada anak-anak, maka model pendidikan Pramuka yang wajib dikedepankan.
"Pramuka dapat menciptakan anak sebagai disiplin, andal, ramah, berbudi pekerti, mengerti tugas-tugas keseharian, dan hormat dalam orang tua dan orang lain," ungkapnya.
Oleh karenanya, kata dia, buat berakibat Pramuka menjadi pembentuk kepribadian anak, hendaknya direvitalisasi diisi menggunakan aktivitas-kegiatan modern.
"Misalnya ketika kemah seminggu diisi aktivitas ceramah narkoba, lomba teknologi kabar, dan seminar kewirausahaan. Jangan hanya diisi dengan semaphore, tali temali, namun disesuaikan menggunakan kebutuhan anak-anak kini ," pungkasnya.(LHS)
COPYRIGHT © 2012

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel