renungan dan Ulang Janji HUT Pramuka Ke 51 di Sanggar Pramuka Kwarcab

SLAWI, JT – Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum selaku Ketua Harian Mabicab Tegal memandu jalannya renungan dan Ulang Janji HUT Pramuka Ke – 51 di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Senin (13/8) malam.
Hadir pada kesempatan tersebut Anggota Mabicab antara Assisten II Sekda Pemkab Tegal, Drs H Agus Subagyo, MM, Kepala Dinas Dikpora, Dre Edi Pramono, Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, M.kes, Pimpinan Kwarcab, sejumlah Pengurus Kwarcab, Pengurus Kwarran serta Ratusan Pramuka Penegak / Pandega Kabupaten Tegal.
Acara dimulai sekitar Pukul 22.00 WIB malam menjelang hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2012 menggunakan saling memberi hormat yg dipimpin oleh Pemimpin Upacara renungan.
“Saling hormaat…. Gerak,” ucap Pemimpin Upacara yg adalah Pramuka Penegak.
Selanjutnya rangkaian program dilanjutkan dengan penyalaan api dasadharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka yang perlu dihayati, ditanamkan dan kita amalkan sang anggota Pramuka. Sekaligus menjadi semangat kaum muda Indonesia yang menyala – nyala.
10 (sepuluh) api dasadharma tadi dibawa sang 10 (sepuluh) pembawa obor menurut Pramuka Penegak, dengan langkah yang mantap maju ketengah satu per satu menyalakan obor yang yg secara simbolis barah pertama dinyalakan oleh Wakil Bupati selaku Pembina Upacara,.
Berurutan Dasa Darma diucapkan, disertai nyala obor pada sikap paripurna yg menerangi segenap peserta upacara.
Tidak usang lalu, Sang Merah Putih, lambang pujian bangsa Indonesia, yg mencerminkan keberanian lantaran membela yg sahih dan akan menjadi saksi apa yg direnungkan jajaran Pramuka, memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah kanan depan Pembina Upacara.
Wakil Bupati selaku Pembina Upacara mengajak pada peserta upacara renungan buat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat serta karunia yang diberikan.
“Adik – adik dan Kakak – saudara tertua rakyat Gerakan Pramuka yang berbahagia. Pada malam yg berbahagia ini, marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yg telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semuanya,” ucapnya
Wabup melanjutkan, sehabis kita renungkan beserta akan perjalanan usaha dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yg baik ini marilah kita semua menjadi Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat buat meneruskan usaha dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni rakyat yg adil dan makmur menurut Pancasila.
“Marilah kita pegang Sang Merah Putih yg terdapat pada pundak kita, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak, kita akan selalu jangan lupa, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab buat melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya,” ajak Wabup yang diikuti seluruh peserta.
Kegiatan renungan serta ulang janji berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa sera menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Syukur.
Usai renungan acara dilanjutkan menggunakan mutilasi tumpeng sebagai wujud syukur sang Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum yg diserahkan pada kepada Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes dan dilanjutkan saling berjabat tangan sesama anggota Pramuka.
Sebelumnya jua dilakukan Buka Puasa (Bukber) bersama serta Sholat Tarawih berjamaah pada Sanggar Pramuka setempat.**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel