Riau Tuan Rumah Hari Nusantara 2011

JAKARTA (RP) - Provinsi Riau, tepatnya Kota Dumai, dianggap sebagai tuan tempat tinggal Hari Nusantara 2011.

Itulah sebabnya, Gubernur Riau HM Rusli Zainal bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Pangkostrad AY Nasution diundang sebagai narasumber dalam dialog Hari Nusantara 2011 pada TVRI Pusat, Jakarta, Selasa (27/9).

“Riau, khususnya Dumai sengaja kita beri kepercayaan sebagai tuan tempat tinggal Hari Nusantara 2011 ini, karena selain alasan gantian,  tahun kemudian pada Balikpapan, Indonesia Timur, sekarang di Indonesia bagian barat, yakni Dumai. Selain itu, di Dumai ini terdapat kilang minyak terbesar pada Indonesia yang merupakan objek vital yang harus kita jaga bersama. Dan tentunya, Riau berbatasan eksklusif menggunakan negara tetangga,” ucap Menhan Purnomo saat memberi alasan kenapa Riau yg ditunjuk menjadi tuan tempat tinggal .

Hari Nusantara jatuh dalam 13 Desember. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Memaknai Hari Nusantara 2011 Melalui Pembangunan Karakter Bangsa”.

Purnomo menyebutkan bahwa buat memperingati Hari Nusantara 2011 ini, serentetan acara sudah dimulai yang nantinya berpuncak pada Dumai, Riau. Berbagai aktivitas telah dilaksanakan, mulai dari membawa para pemuda menggunakan menggunakan kapal mengelilingi bahari Indonesia, sampai mengajari warga baris berbaris.

“Ini semua buat memupuk kecintaan pada NKRI serta memupuk rasa nasionalisme kita sebagai bangsa. Kita lahir dan besar di sini, cari makan dan berbakti di sini hingga meninggalpun kita di sini. Oleh karenanya, kita wajib mengasihi negeri ini,” tegas Menhan.

Gubri Rusli Zainal menyebut bahwa pembangunan karakter bangsa serta memupuk rasa cinta Tanah Air serta rasa nasionalisme adalah suatu kewajiban.

Saat ini, di tengah arus globalisasi dan banyaknya budaya serta tradisi asing yang masuk ke Indonesia, mau tidak mau harus difilter dengan baik, sehingga jati diri bangsa tidak hilang.

“Sekarang menggunakan mudahnya teknologi, kita nir lagi bisa menghambat masuknya budaya lain ke negeri kita. Kalau kita nir punya filter yg kuat, kita akan kehilangan jati diri kita menjadi bangsa,” ungkapnya.

Makanya, Rusli mengajak seluruh pihak mampu memaknai Hari Nusantara ini menjadi momen buat memperkuat jati diri bangsa, membentuk rasa nasionalisme serta cinta Tanah Air.

Ini sanggup dilakukan, nir saja melalui kegiatan-aktivitas seperti Pramuka, akan tetapi pula melalui kegiatan olahraga, sehingga rasa nasionalisme bangsa ini sebagai begitu kokoh.

“Kami merasa sangat terhormat menerima kepercayaan menjadi tuan tempat tinggal Hari Nusantara 2011 ini. Bagi Riau, ini tidak saja sebuah kehormatan, tapi pasti akan menaruh imbas positif, baik secara ekonomi, maupun memperkenalkan potensi-potensi Riau pada rakyat luas,” ujarnya.

Rusli mengaku bahwa hingga ketika ini, Riau, khususnya Pemko Dumai terus berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk sebagai tuan rumah.

“Saya lihat, hingga sekarang seluruh persiapan sudah on the track. Insya Allah nanti acaranya sukses,” ucapnya optimis.

Dalam pada itu, Pangkostrad AY Nasution memastikan bahwa Tentara Nasional Indonesia selalu siap dan waspada menjaga keutuhan NKRI. Tentara Nasional Indonesia, tegasnya, beserta menggunakan rakyat selalu siap mempertahankan setiap jengkal daerah Indonesia. Ia sempat menceritakan bagaimana nasib para TNI yg bertugas pada daerah-daerah perbatasan. Tetapi itu semua adalah tanggung jawab Tentara Nasional Indonesia kepada negara yang wajib dijalankan menggunakan sebaik mungkin.(rio)

Sumber: www.riaupos.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel