Ribuan Peserta Jamnas Nikmati Musi Tour

Palembang (ANTARA News) - Ribuan peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka ke-9 pada Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan wajib antre buat bergiliran dapat menikmati paket wisata "Musi Tour" di Perairan Sungai Musi Kot Palembang.

Miftahul (14), kontingen pramuka dari Medan, Sumatera Utara, di Palembang, Senin, mengaku sangat senang menjadi peserta jambore nasional (jamnas) itu, karena nir hanya bisa menikmati perkemahan pada daerah Teluk Gelam, namun bisa jua berwisata ke Sungai Musi.

Pengalaman mengarungi Sungai Musi dengan kapal pesiar (Segentar Alam), menjadi hal yg tidak terlupakan karena sangat mengasyikkan, istilah dia.

Menurut dia, mereka nir hanya berlayar dengan kontingen menurut Sumatera Utara, tetapi juga bergabung menggunakan anggota pramuka peserta jamnas berdasarkan wilayah lain.

Karena itu, wisata itu selain menambah pengalaman, jua sahabat baru, ujar dia jua.

Hal Senada juga diungkapkan Tatang, anggota pramuka dari Karawang yang mengaku sangat menikmati bepergian wisata sungai tadi.

"Sungai Musi sangat indah serta menarik, karena di pinggirnya poly objek wisata sejarah maupun industri yg berkembang," istilah dia.

Dia menambahkan, poly pelajaran yang mereka dapatkan selama jambore nasional ini.

Jamnas menjadi ajang rendezvous pramuka penggalang se-Indonesia, buat memperat rasa kesatuan serta persatuan generasi belia, ujar Tatang.

Pemkot Palembang menyediakan delapan kapal wisata buat melayani ribuan peserta yang hingga hari kedua "Musi Tour" mencapai lebih dari 2.500 orang, sebagai akibatnya harus antre serta menunggu giliran sanggup berlayar di Sungai Musi.

"Musi Tour" ini disediakan secara perdeo sang Pemerintah Kota Palembang, serta dilaksanakan pada 3-8 Juli 2011.

Para peserta jamnas itu umumnya harus menempuh perjalanan darat berdasarkan Teluk Gelam ke Palembang sekitar dua,5 jam.

Keluhan Peserta

Informasi dari lokasi pelaksanaan jamnas di Bumi Perkemahan Danau Teluk Gelam, OKI, beberapa perwakilan peserta utusan kwartir cabang Gerakan Pramuka menyampaikan keluhan pada panitia terhadap sejumlah fasilitas serta pelayanan yg dinilai kurang misalnya diperlukan.

Salah satu anggota pramuka peserta jamnas itu membenarkan, mereka menyoal fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) terutama WC yang dinilai kurang memadai menampung belasan ribu peserta jambore itu.

Begitupula makanan yang disiapkan, dikeluhkan sejumlah peserta jambore yang dari menurut utusan pramuka seluruh Indonesia dan perwakilan pandu menurut beberapa negara tetangga.

Padahal sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selaku pembina Gerakan Pramuka di daerahnya, berharap pelaksanaan Jamnas ke-9 di Teluk Gelam ini akan menjadi yang terbaik berdasarkan segi aplikasi dan pelayanan maupun fasilitas dibandingkan pelaksanaan jambore nasional sebelumnya.

Selain menggelar berbagai aktivitas ketrampilan, kompetisi/lomba serta hiburan/rekreasi di lokasi jamnas itu, ribuan pesertanya jua melakukan perjalana wisata belanja serta kuliner ke Kota Palembang.

Dalam beberapa hari terakhir, selain terlihat ribuan anggota pramuka peserta jamnas berada di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) buat mengikuti Musi Tour, sebagian lainnya memadati Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang serta Monumen Amanat Perjuangan Rakyat (Monpera) yang berada pada dekatnya.

Sejumlah tempat pusat belanja di Kota Palembang, terutama yang menyediakan aneka suvenir atau cendera mata serta sandang/kain khas (songket) Palembang, juga menjadi target perburuan para peserta jambore nasional itu.(*)

(ANT-037/B014)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Sumber: //www.antaratv.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel