Saka Bakti Husada Pramuka Pengabdi Kesehatan Dilantik

Jakarta : Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempunyai wadah bagi karyawannya buat berkesempatan membaktikan diri kepada masyarakat di bidang kesehatan. Itulah yg dinamakan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada). Dan sebesar 107 pegawai di Kemenkes dilantik sebagai anggota Saka Bakti Husada.

Pelantikan itu dilakukan pada Auditorium Prof. Dr. G. A. Siwabessy, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Pergantian Antar Waktu Masa Bakti 2011-2016, Rabu (17/7/2013).

Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pelatihan keterampilan, penambahan pengalaman serta hadiah kesempatan buat membaktikan diri kepada rakyat pada bidang kesehatan. Saka Bakti Husada sendiri diresmikan dalam lepas 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Dalam kesempatan itu, dr. H. Amaroso Katamsi, Sp.kj.mm selaku Kwatir Nasional Gerakan Pelaksanaan Harian Ketua, mengucapkan selamat atas dilantiknya para anggota baru, serta berharap ke depannya bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya.

"Harapan saya kepada kakak-saudara tertua seluruh, semoga dapat mempertinggi lagi prestasinya. Dapat melanjutkan apa yg telah dikerjakan, dan harap dipertahankan," terang Amoroso, dalam istilah sambutannya.

Selanjutnya Amoroso mengungkapkan, semoga anggota yg hari ini dilantik, membuat kinerja yg baik di dalam bidangnya masing-masing. "Dan dapat menyontohkan pada saudara termuda-adiknya, terhadap apa yg dikerjakan," tambahnya.

Saka Bakti Husada mencakup 6 (enam) krida, yaitu :
1. Krida Bina Lingkungan Sehat
2. Krida Bina Keluarga Sehat
3. Krida Penanggulangan Penyakit
4. Krida Bina Obat
5. Krida Bina Gizi
6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Dalam acara pelantikan itu, hadir jua Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Nasfsiah Mboi. SpA,M.P.H, yang menjabat menjadi pelindung pada pada badan kepengurusan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional Pergantian Antar Waktu Masa Bakti 2011-2016.
Sebelum mengesahkan holistik anggota tersebut, Nafsiah Mboi bertanya kepada seluruh anggota yg dilantik, apakah seluruh mengetahui apa tugas yg akan dijalankannya kelak. Sayangnya, masih sedikit anggota yg mengetahui apa yg tugas yang diembannya.

Untuk itu, Nafsiah meminta pada ketua pasukan buat memberikan pengetahuan lebih lanjut, tentang tugas yg wajib dijalankan masing-masing anggota.

"Saya kasih saat sebulan kepada Kakak, buat memberi pehamanan kepada anggotanya apa itu Pramuka, apa isi undang-undang yang ada, serta tugas apa saja yang ditetapkan," ujar Nafsiah Mboi.
Nafsiah tidak menginginkan, semua anggota yang dilantik hari ini, tidak menguasai apa yang diharus dikerjakan.

"Tidak terdapat gunanya pengurus dilantik, apabila pengurus itu sendiri nir mengetahui apa yg sebagai tugasnya," ujar Nafsiah.

Sumber : //health.liputan6.com/read/641583/saka-bakti-husada-pramuka-pengabdi-kesehatan-dilantik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel