Semaphore

Semafor merupakan suatu cara buat mengirim dan menerima informasi menggunakan memakai bendera, dayung, batang, tangan kosong atau menggunakan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yg umumnya digunakan merupakan bendera, yg dinamakan bendera semafor. Pengiriman sandi melalui bendera semafor ini memakai dua bendera, yang masing-masing bendera tadi ukuran 45 centimeter x 45 centimeter. Bentuk bendera yang persegi adalah penggabungan 2 butir segitiga sama kaki yg berbeda rona. Warna yg dipakai sebenarnya mampu beragam, tetapi yang lazim dipakai adalah rona merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semafor dipakai pada komunikasi kelautan. 

Sejarah 
Semafor merupakan salah satu bentuk isyarat memakai bendera yang lazim dipakai waktu perang sipil pada Amerika Serikat. Ketika itu bendera yg dipakai berwarna putih dan oranye dan hanya terdiri berdasarkan satu bendera saja. Orang yang ditugaskan melakukan isyarat bendera ini umumnya berdiri pada sebuah loka yang tinggi atau pada lantai yg tingginya lebih kurang dua-tiga meter menurut permukaan tanah semafor 

Semafor modern 
Semafor sekarang memakai dua bendera yang berbentuk persegi, yang akan dipakai sang pengirim sinyal buat melakukan posisi-posisi yg mampu diterjemahkan menjadi alfabet dan angka. Sebenarnya rona bendera tergantung berasal pesan itu dikirimkan, apabila dikirimkan menurut bahari, maka benderanya berwarna merah dan oranye, jika dikirimkan dari darat maka bendera akan berwarna biru serta putih. Di Indonesia bendera yang biasa dipakai dalam kegiatan kepramukaan berwarna merah serta oranye. Tetapi sebenarnya warna bendera itu sendiri tidaklah terlalu krusial, itu hanya merupakan indikasi supaya pesan lebih gampang ditangkap. 

Penggunaan semafor dalam Pramuka 
Di Indonesia, semafor biasa diterapkan sebagai keliru satu keahlian yg harus dimiliki dalam kegiatan pramuka. Biasanya kegiatan semafor ini diajarkan sejak dalam level pramuka siaga serta merupakan keterampilan yg dipraktekan pada acara perkemahan. Tetapi seiring dengan semakin redupnya aktivitas pramuka pada Indonesia, maka keterampilan semafor ini pun semakin sporadis dikenal orang. 

Karakter 
Untuk membuat sandi angka, sebelum memulai sandi maka harus diawali dengan sandi "angka" dan jika ingin pulang menciptakan sandi huruf maka wajib menciptakan frekuwensi "J" 



Beberapa sandi lainnya yang biasa dipakai dalam semafor adalah:
 U-R : liputan siap dimulai
 K : siap menerima berita
 E (8 kali) : error / terdapat kesalahan
 C : konfirmasi satu kata diterima
 I-M-I : ulangi
 A-R : kabar selesai
 R : dapat mendapat menggunakan baik
 Q : tunggu
 M-K : geser kanan
 M-L : geser kiri. 

Sumber : 
//id.wikipedia.org/wiki/Semafor
//shinecoord37.files.wordpress.com/2011/05/semaphore.gif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel