Sepenggal Kisah PRINT 2011



GLADIAN NASIONAL PRAMUKA SIT

Pramuka S.I.T
prok prok prok INDONESIA
prok prok prok BERSIAP
prok prok prok SIAGALAH
prok prok prok JAYALAH


Demikian gemuruh tepuk Pramuka SIT yang dikomando langsung oleh Kak Fikri selaku Pimpinan Satuan Komunitas (PINSAKO) Pramuka SIT Nasional mensemangati peserta Gladian Nasional ke-2 Pramuka SIT di Pusdiklatnas Cibubur. Gladian kali ini diselenggarakan pada rangka persiapan Perkemahan International 2011 (PRINT'11) yg digelar di Hutan Lipur Ulu Bendul Kuala Pilah, Negeri Sembilan, Malaysia. Pramuka SIT dari seluruh Indonesia berkumpul merekatkan ukhuwah dengan mengusung tema "Tingkatkan Wawasan Bentuk Kepribadian" mendapat berbagai macam materi kePramukaan, antara lain : Wawasan Pramuka SIT, PBB, Beladiri Pramuka SIT, materi Leadership, Seni dan Aksi KePramukaan serta kegiatan menarik lainnya. Salah satu kegiatan yang menarik adalah belajar nasyid Mars Pramuka SIT yang dilatih langsung sang Kak Faris menjadi vokalis pelantun Mars Pramuka SIT beserta tim nasyidnya Justice Voice yg baru akan di launching pada ketika Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke-dua Januari 2012. Kekompakan dan kebersamaan demikian terasa saat beserta-sama mengumandangkan Mars Pramuka SIT menggunakan sahabat-teman seluruh Indonesia.




SHOLAT SHUBUH PERTAMA YANG LUCU

Pukul 04.30 kami sudah dibangunkan buat persiapan Sholat Shubuh. Jam pertanda pukul 05.15 ketika iqamat dikumandangkan disambut takbir sang imam. Tak ada yang aneh serta dan absurd pada Shubuh kala itu. Selesai sholat serta berdzikir kami pulang ke asrama buat persiapan pemberangkatan ke tempat perkemahan. Baru saja datang duduk serta berbincang ringan dengan teman-sahabat di pada asrama tiba-datang berkumandang suara adzan lengkap menggunakan kalimat "Asholatu khairumminannaum…", sementara jam menunjukan pukul 06.00 (kurang sedikit). Spontan kami balik bangkit memotong perbincangan sembari saling memandang dengan raut paras yang hampir sama heran dan bergegas kembali keSurau menyadari jika sholat Shubuh yang barusan dilakukan ternyata belum masuk waktunya. Perbedaan saat Indonesia Malaysia terpaut 1 jam sebagai akibatnya matahari baru mulai bertugas bersinar di Malaysia lebih kurang pukul 07.00. Jadilah sholat Shubuh pertama pada Malaysia menjadi cerita lucu, unik dan jadi trending topic kami pagi itu.
LUK SUA THAILAND MENYAMBUT PRAMUKA SIT


Kumandang Mars Pramuka SIT menyambut kedatangan kami di Hutan Lipur Ulu Bendul disertai ucapan selamat datang melalui pengeras bunyi oleh urusetia. Sejenak kami datang dan menghela nafas sesaat munculah pemuda-pemuda berseragam crem yang sebagian besarnya berbaret ungu sebagiannya lagi memakai tutup ketua layaknya veteran RI. Mereka adalah Luk Sua Thailand yang menggunakan hangatnya menyambut kehadiran kami. Walau masih canggung berkomunikasi menggunakan berbagai macam bahasa (Indonesia, Melayu, Thailand/Siam, Inggris termasuk bahasa isyarat) tapi pancaran ikatan persaudaraan Islam yg telah kami nikmati mengotomatisasi jiwa dan raga ini buat berjabat erat. Bersalaman dan berfoto bersama sebagai momen pertama yg kami lakukan antara Pramuka SIT Indonesia dengan Luk Sua Thailand.

SUASANA PERKEMAHAN




Hutan Lipur Ulu Bendul merupakan keliru satu dari sekian banyak hutan wisata yg masih ada di Malaysia. Terletak ±60 Km dari Kuala Lumpur, Hutan Lipur Ulu Bendul memiliki banyak sekali fasilitas menarik diantaranya merupakan Taman Ular Sawa, Taman Herba, Kolam Renang, Tapak Perkemahan, Arena Outbound, Wisata belanja serta masakan, Hutan Lindung Angsi dan Gunung Angsi setinggi 825 mdpl. Lokasi tapak kemah kami terletak ditengah-tengah kawasan Hutan Lipur Ulu Bendul menggunakan tanah bercampur pasir putih yg bila hujan air segera meresap kedalam tanah serta nir terlalu becek. 


Tujuh regu putra serta enam regu putri bergegas mendirikan tenda sesaat setelah urusetia menaruh sekitar 15 buah tenda buat kemah kami selama 4 hari disana. Yang jadi tantangan ketika berkemah adalah hujan yg menerpa kemah serta aktivitas kami setiap hari siang serta malam. Matahari tidak kuasa menembus nakalnya awan serta tetesan air hujan yg sepanjang hari menghalangi, sehingga basah serta angin sejuk merupakan teman kami sehari-hari.

Namun banyak sekali jenis aktivitas yg digelar sang urusetia tetap kami ikuti. Mulai dari Senam Nusantara yg menggunakan luar biasa dipandu oleh kontingen menurut Indonesia, pendakian gunung Angsi, menyaksikan Basic Self Defence (BaSeD) dan memperagakan bela diri dasar Pramuka SIT, menyaksikanSucces Story KRS Musleh serta mengenalkan Pramuka SIT, agenda internal (hiking, outbound, mengunjungi taman ular), menjadi pengisi kultum maghrib serta kuliah shubuh, dan menampilkan nasyid pada malam pentas seni budaya. Bahkan tim nasyid Print Voice (kontingen Pramuka SIT Indonesia) yg tidak lebih dari sepekan dibuat dan dilatih menerima apresiasi serta penghargaan menjadi penghibur terbaik pada kegiatan perkemahan kali ini.

BERTUKAR ATRIBUT, KIASAN SEBUAH PERSAUDARAAN


Upacara penutupan baru saja usai. Kak Sukro selaku Mabinas SAKO Pramuka SIT memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan, memberikan semangat kepada semua peserta sekaligus mengundang KRS Malaysia dan Luk Sua Thailand buat hadir pada Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke-2 yg akan digelar Januari 2012 pada Cibubur.


Sebuah pemandangan unik usai acara penutupan dan bersalam-salaman berlangsung adalah cengkrama peserta berdasarkan tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Thailand) saling bertukar atribut masing-masing. Baret, topi, pin, kacu, ring kacu, epaulette, bahkan ikat pinggang dan atribut lain kini telah berpindah tempat dan pemilik. Keikhlasan mereka memberi apa yang saudaranya minta menjadi kiasan persaudaraan diantara mereka. Subhanallah…

ANTARA PRAMUKA SIT INDONESIA, KRS MUSLEH MALAYSIA DAN LUK SUA THAILAND

Pramuka SIT Indonesia adalah Satuan Komunitas pertama di Indonesia yg meleburkan diri ke pada wadah akbar Gerakan Pramuka sebagai organisasi resmi kepanduan di Indonesia dan mengikuti semua aturan yg ada pada Gerakan Pramuka. KRS (Kadet Remaja Sekolah) Musleh merupakan bagian menurut wadah besar KRS (Kadet Remaja Sekolah) Malaysia menjadi organisasi pemuda homogen scout/pandu dibawah naungan pemerintah Malaysia. Luk Sua Thailand adalah organisasi resmi kepanduan Thailand yang jua adalah anggota WOSM (World Organizatioan of the Scout Movement) misalnya Gerakan Pramuka. Ketiga elemen ini bergabung pada sebuah perkemahan antara lain merupakan atas dasar kesamaan fikroh keIslaman.
Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Pertubuhan IKRAM-MUSLEH Malaysia dan Jaringan Sekolah Bestari Thailand merupakan lembaga ber-genre sejenis yg seiring sejalan menanamkan serta menumbuhkan Syakhsiyah Islamiyah kepada pemuda-pemuda Islam. Ketiganya memiliki pemuda-pemuda andal pada scout-nya masing-masing. Dan itu telah dibuktikan dalam PRINT '11. Kegiatan serupa akan terus berlanjut baik pada Indonesia, Malaysia maupun Thailand.

WISATA IPTEK YANG MENYENANGKAN


Hari-hari terakhir kami di Malaysia merupakan berwisata. Pengalaman yang benar-benar luar biasa dan menyenangkan. Bas Persiaran yg nyaman, bilik hotelyang comfort, kuliner yg lezat dan pemandangan yang indah menjadi pelengkap pengembaraan kami pada negeri jiran. Ilmu pengetahuan jua sebagai lebih mendalam dengan kunjungan kami ke Petrosains yg berada didalam menara kembar Petronas, sentra pemerintahan Malaysia di Putrajaya, Pusat Sains Negara dan diakhiri menggunakan naik SkyWay (kereta gantung) pada Genting Highlands yg merupakan SkyWay terpanjang pada asia tenggara, walaupun antrinya pula panjaaaang.




BERPISAH UNTUK BERTEMU KEMBALI

Rangkaian PRINT '11 dan Wisata Iptek telah berakhir. Ditutup menggunakan malam perpisahan di Genting View Resort. Perpisahan yang akan mempertemukan serta mempererat kembali ukhuwah kami, merapatkan barisan pada KEMNAS 2 InsyaAllah. Lantaran kami berazzam bahwa …
Kami generasi muda yang gigih
Bertekad bertenaga membentuk negeri
Agar Indonesia membumbung tinggi
Harum semerbak seantero bumi
Pramuka SIT Indonesia
Dengan Islam kami terus melangkah
Pramuka SIT Indonesia
Dengan takwa kami meraih cita
Tangguh, tangkas, teguh pada dalam jiwa
Pramuka SIT Indonesia


Kamus :

Bas Pesiaran               : Bus Pariwisata

Surau                           : Musholla

Urusetia                       : Panitia

Luk Sua                       : Pandu Thailand (Pramuka-nya Thailand)


Tim Media
Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad
subscribed from Pramuka SIT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel