Siswa Lebih Kenal Pejabat Timor Leste Guru Dilatih Pramuka


KEFAMENANU, KOMPAS.com - Banyak siswa sekolah dasar di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, dianggap lebih mengenal para pejabat Timor Leste daripada Indonesia. 
Siaran media elektro yg lebih banyak datang berdasarkan negara tetangga, sebagai penyebab. Maka, para pengajar pun dilatih kepramukaan buat memperluas wawasan buat diturunkan ke murid.
“Alasan utama kami menaruh kursus pramuka kepada 42 orang guru menurut 39 Sekolah Dasar di perbatasan lantaran kami melihat perkembangan saat ini anak-anak sekolah di daerah perbatasan kurang mempunyai wawasan," kata Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Krispinus Boro, Senin (13/1/2014). 
Salah satu contoh konkret yang Krispinus temui merupakan kabar anak-anak itu lebih tahu jajaran pejabat Timor Leste daripada Indonesia itu. Pelatihan pramuka ini dilakukan pada Aula gedung Pramuka Kwarcab TTU, Senin.
“Ini sebagai dilema karena mereka melihat menurut media elektronika, yg di perbatasan lebih banyak mereka terima dari Timor Leste sehingga pejabat Timor Leste lebih mereka kenal," kata Krispinus.
“Jadi dengan pramuka ini, lebih ditonjolkan pola pendekatan yang sangat bagus, kami memberikan kursus pada pengajar buat lalu ditransformasikan kepada siswa-siswa,” kata Krispinus. Menurut beliau, telah usang direncanakan ada acara pemberdayaan bagi para guru yg jua adalah pembina pramuka di sekolahnya ini.
"Kami berikan kepada mereka bekal-bekal pengetahuan, agar saat mereka mempunyai pengetahuan kepramukaan bisa diturunkan ke sekolah masing-masing," papar Krispinus. Pelatihan juga menaruh motivasi dan dorongan membentuk jiwa kerelaan, pengorbanan, serta darma.
Pantauan Kompas.com, kegiatan yg berlangsung 13 hingga 18 Januari2019 dibuka sang Asisten 2 Setda TTU Agustinus Kasenube. Hadir dalam pembukaan, para pengurus pramuka taraf provinsi NTT dan pengurus kwartir cabang TTU. SUMBER

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel