SPESIFIKASI KAPAL PERIKANAN SANGAT LENGKAP

Spesifikasi Kapal Perikanan - Pengertian Kapal Perikanan  diartikan sebagai kapal atau perahu atau alat apung lainnya yang dipakai buat melakukan aktivitas penangkapan ikan termasuk melakukan survei atau eksplorasi perikanan.

Ada dua jenis Kapal perikanan serta buat keduannya mempunyai fungsi serta manfaat tidak sama. Jenis kapal Perikanan diantaranya ;

- Kapal Penangkap Ikan
- Kapal Pengangkut Ikan.
- Kapal Latih
- Kapal Survei
- Kapal Pengawas

Spesifikasi Kapal Perikanan


Karakteristik Kapal Perikanan

Kapal Perikanan mempunyai Karakter yg nir sama dengan kapal semisal kapal niaga, kapal barang maupun kapal tanker. Sebagai akibatnya kapal perikanan mempunyai keunikan tersendiri. 

Berkaiatan menggunakan fungsi yg sebagian besar buat kegiatan atau aktifitas penangkapan ikan, maka harus jua memenuhi syarat khusus buat mendukung keberhasilan aktivitas tersebut yang mencakup: kecepatan, olah mobilitas/mneuver, ketahanan stabilitas, kemamapuan jelajah, konstruksi, mesin penggerak, fasilitas pengawetan & prosesing serta peralatan penangkapan.

Secara umum Karakteristik kapal perikanan diantaranya :

1. Kecepatan Kapal

Kapal penangkap ikan umumnya membutuhkan kecepatan yang tinggi, lantaran buat mencari dan mengejar grup  ikan. Disamping iitu pula buat mengangkut beban tangkapan pada keadaan segar sebagai akibatnya diharapkan ketika waktu nisbi singkat. Kecepatan Ini memang tidak buat semua kapal perikanan.contoh yg membutuhkan kecepatan merupakan Kapal purse seine, Kapal pole and line dan kapal pengawas perikanan.

2. Manuver Kapal

Kapal perikanan memerlukan olah gerak/manuver kapal yang baik terutama dalam waktu operasi penangkapan dilakukan. Misalnya dalam waktu mencari, mengejar kelompok  ikan, pengoperasian alat tangkap & sebagainya. Manuver ini yang wajib selalu di perhatikan dalam mengoperasikan kapal ikan. Apabila keliru pada bermanuver maka resikonya merupakan kehilangan output tangkapan.

3. Ketahanan Stabilitas

Kapal perikanan wajib memiliki ketahanan stabilitas yang baik terutama dalam saat operasi penangkapan ikan dilakukan. Ketahanan terhadap hempasan angin, gelombang dan sebagainya. Dalam hal ini kapal perikanan seringkali mengalami olengan yanng relatif tinggi. Dan Setiap WPP perikanan buat bentuk ketahanan stabilitas kapal menyesuaikan menggunakan daerah perairan tersebut.

4. Kemampuan jelajah

Kapal perikanan harus memiliki kemampuan jelajah, buat menempuh perjalanan yg sangat tergantung dalam kondisi lingkungan perikanan, misalnya: pergerakan kelompok  ikan, fihing ground dan ekspresi lebih banyak didominasi ikan. Sehingga jeda pelayaran mampu jauh, seperti contoh contoh kapal Tuna Long Line.

5. Konstruksi Bentuk

Konstruksi bentuk kapal perikanan harus  kuat terhadap getaran mesin primer yg umumnya memiliki ukuran PK lebih besar dibanding kapal barang atau niaga lainnya yg seukuran, benturan gelombangg & angin akan lebih berpengaruh poly karena kapal perikanan seringkali memotong gelombang dalam saat mengejar gerombolan ikan.


Mesin penggerak primer kapal (mesin engine) kapal perikanan, ukurannya wajib  sedang  tetapi mempunyai kekuatan dan daya mesin yang tinggi serta ketahanan mesin supaya  permanen hidup dalam kondis kondisi olengan juga trim pada ketika yang lama  , mudah dioperasikan maju serta mundur dimatikan juga dihidupkan.

7. Fasilitas Pengawetan & Pengolahan

Kapal perikanan umumnya digunakan juga buat mengangkut serta menampung hasil tangkapan berupa ikan sampai ke pelabuhan. Dalam pengangkutan diharapkan ikan tangkapan permanen dalam keadaan segar, maka dari itu kapal perikanan wajib dilengkapi menggunakan loka penyimpanan ikan/palka yg berinsulasi & umumnya untuk menyimpan es namun masih ada yang dilengkapi menggunakan mesin pendingin tempat pembekuan ikan, bahkan terdapat pula yang dilengkapi dengan wahana atau pabrik proses pengolahan.


Kapal perikanan umumnya membutuhkan perlengkapan penangkapan, contohnya: Line hauler, net hauler, trawl winch, purse winch, power block dan sebagainya.perlengkapan penangkapan, tergantung dalam alat tangkap ikan yang digunakan pada operasional.

Klasifikasi Kapal Perikanan

Setelah Kita mengetahui yg Karakteristik menurut bentuk Kapal perikanan maka selanjutnya kapal perikanan. 

Klasifikasi kapal perikanan baik berukuran, bentuk, kecepatan pula konstruksinya sangat ditentukan sang peruntukkan kapal perikanan  tersebut. Demikian pula menggunakan kapal penangkap, masing-masing mempunyai ciri khas  , berukuran, bentuk, kecepatan & perlengkapan yg nir sama maka pada golongkan dalam beberapa Klasifikasi Kapal Perikanan diantaranya :

1.      kapal penangkap ikan

Kapal penangkap Ikan artinya  kapal yg dibentuk dan digunakan spesifik buat menangkap ikan sesuai menggunakan indera penangkap ikan dan teknik penangkapan ikan yg digunakan termasuk manampung, menyimpan serta mengawetkan. Ada beberapa jenis kapal penangkap ikan serta karakternya pun berbeda - beda

2.      Kapal pengangkut output tangkapan

Kapal pengangkut output tangkapan adalah kapal yang dikonstruksi khusus serta dilengkapi dengan palka spesifik yg dipakai buat menampung, menyimpan, mengawetkan dan mengangkut ikan hasil tangkapan. Kapal Penampung Ikan jua di gunakan buat membeli ikan menurut nelayan nelayan. Selain itu kapal penampung ikan juga kadang menampung perbekalan buat mensuplai kapal perikanan.

3.      Kapal survey

Kapal survey merupakan kapal yg dikonstruksi khusus buat melakukan aktivitas berita umum bElajar pramuka. Kapal ini umumnya di gabung menggunakan jenis kapal latih

4.      Kapal latih

Kapal latih merupakan kapal yang dikonstruksi buat training penangkapan ikan. Didalam kapal latih masih ada aneka macam macam alat tangkap serta macam indera bantu penangkapan ikan.

5.      Kapal pengawas perikanan

Kapal pengawas perikanan adalah Kegiatan-kegiatan supervisi kapal-kapal perikanan. Kapal ini di desain buat menjadi kapal cepat dan kapal ini pula dilengkapi berbagai persenjataan buat menangkap kapal illegal fishing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel