PENGERTIAN PERIKANAN BUDIDAYA

Perikanan Budidaya - Apa sih perikanan budidaya itu?Mungkin itu yang terdapat pada benak kita ketika mendengar tentang hal ini. Kita rakyat umum  umumnya mengetahui jenis ikan air laut serta ikan air tawar, serta masakan laut lainnya contohnya udang, kerang, kepiting, cumi-cumi serta sebagainya. Perikanan Budidaya lebih acapkali pada kenal dengan kata petambak.

Kita mungkin berpikir bahwa berasal berdasarkan seluruh kuliner laut tersebut merupakan nelayan yg sehari-harinya bekerja buat menangkap ikan serta masakan bahari/laut lainnya. Dan Nelayan menerima seluruh ikan dengan menangkap Ikan

Sebenarnya, apabila kita mau menelusuri lebih jauh, secara Umum, perikanan terbagi atas 2 kategori, yaitu perikanan tangkap & perikanan budidaya. Dan Pada pembahasan Kali ini kita akan lebih memperdalam tentang pengertian Perikanan budidaya.


Perikanan budidaya secara garis besar  merupakan ikan (termasuk kuliner bahari lainnya) yang didapat menggunakan cara budidaya (memelihara, membesarkan/membiakkan dan memanen).

Definisi Perikanan Budidaya


Di perikanan Budidaya sendiri mempunyai beberapa makna serta arti. Lantaran Budidaya tidak hanya sekedar budidaya tentang ikan , adajuga perikanan budidaya rumput laut, budidaya kerang, budidaya mutiara dan Budidaya keramba apung.


Berikut merupakan beberapa pengertian perikanan budidaya yg sanggup kita gunakan sebagai acuan:

Perikanan budidaya adalah budidaya organisme air, termasuk ikan, moluska, kurstasea serta tanaman air. Pembudidayaan ini mencakup beberapa bentuk kegiatan dalam proses pemeliharaan buat mempertinggi produksi, misalnya penebaran yg teratur, hibah masakan/pakan, perlidungan dari predator & lain-lain. (Food and Agriculture Organization of the United Nations, 1988)

Pembudidayaan ikan merupakan kegiatan buat memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yg terkontrol, termasuk aktivitas yang memakai kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, memasak, &/atau mengawetkannya. (Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004)

Baca Juga'


- Budidaya Ikan Lele


- Budidaya Ikan Nila


- Budidaya Ikan patin


- Budidaya Ikan guppy


- Budidaya Ikan Wader


- Budidaya Ikan gurame

Jenis Perikanan Budidaya antara lain


- Budidaya kerang hijau

- Budidaya teripang

- Budidaya mutiara

- Budidaya lele

- budidaya bawal

Dan lain lain

Dalam perkembangannya perikanan budidaya masih sebagai cara lain yg menjanjikan. Karena output menurut perikanan budidaya sangat akbar serta sanggup menutup biaya produksi serta menguntungkan bagi nelayan.


Perikanan berbasiz budidaya ketika ini memang masih pada dominasi oleh perikanan air tawar. Lantaran pada perikanan tangkap masih mengandalkan operasi pada penangkapan ikan.


Baca Juga ;


- Cara Membuat Pakan Buatan Untuk Pelet Ikan


- Wadah Budidaya Perikanan


Penyakit fungi SaproLegnia Pada Ikan


- Penyakit Bakterial Pada Ikan


- Kolam Tanah Untuk Budidaya Ikan



- Mengenal Udang Galah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel