UJI COBA JARING LINGKAR DI ANAMBASRIAU

Kegiatan ini uji coba jarring lingkar dianambas , kepulauan riau sudah dilaksanakan dalam 22 Oktober2019 – 03 November2015. Kegiatan ini dilaksanakan sang BBPI Semarang menggunakan pada ketua oleh pakfachrudin dan dibantu Oleh nelayan berdasarkan Pulo lampes, Kab Brebes.adapun tujuan dari aktivitas ini adalahmenyiapkan wahana teknologi penangkapan ikan pada Anambas, Kepulauan Riau.

Kabupaten Anambas adalah wilayah yangsebelah barat serta utara berbatasan pribadi dengan laut cina selatan. Untuksumber daya ikan di daearah kepulauan Anambas masih poly di manfaatkan olehnelayan –nelayan akbar serta terkadang banyak terjadi praktek illegal fishingyang dilakukan oleh kapal – kapal asing. 


Kondisi ini pada karenakan nelayansetempat masih dalam skala tradisional. Kebanyakan berdasarkan nelayan Anambas masihmenggunakan alat tangkap Handline atau pancing tangan. Selain kondisi nelayanyang masih tradional, di Anambas buat pusat perikanan masih belum terjamaholeh investor.

Latar belakang uji coba jarringlingkar pada anambas, selain sebagi bentuk penyebaran teknologi juuga bertujuanuntuk memperkuat nelayan di daerah perbatasan. BBPI Semarang berharap tidakhanya sekedar menguji coba alat tangkap tersebut tetapi lebih mengedepankanadanya keberlanjutan berdasarkan kegiataan tadi. 

Selain nelayan anambas bisamengoperasikanjuga di harapkan nelayanAnambas sanggup merancangndan membuat alattangkap jarring lingkar tadi.


Menurut Pak Fahrudin sebagai ketuatim kegiatan ini serta selaku perekayasa senior di BBPI, Semarang mengharapkanagar aktivitas ujicoba ini sanggup di lanjutkan dengan tahap aktivitas selanjutnya yaitudengan uji operasional. 

Harapannya agar nelayan bisa lebih memnguasai tentangteknoilogi jarring lingkar serta dapat dimanfaatkan buat kesejahteraan hidupnya.beliau jua berpesan buat para generasi muda lantaran kondisi beliau yang hampirpurna supaya lebih memperdalam tentang Alat penangkapan ikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel