UJI COBA UMPAN BUATAN

Uji Coba Umpan Buatan - Tim berdasarkan BBPI Semarang mengadakan kegiatan uji Coba Umpan Buatan UntukPenangkapan Udang Ketak. Lokasi kegiatan pada perairan Jambi kabupaten Jabungbarat. 

Udang ketak yang ada di jabung barat adalah keliru satu komoditasandalan. Nilai jual menurut udang ketak sangatlah irit. Apalagi kalaumendekati hari raya Imlek, harga udang ketak per kilo sanggup menembus nomor 120ribu.

UJI COBA UMPAN BUATAN

Penggunaan Umpan buatan untukpenangkapan udang getak karena dilatar belakangi penggunaanumpan menggunakan ikan – ikan rucah. Ikan rucahtersebut di tempatkan menggunakan menggunakan indera tangkap Gill Net udang ketak. 

Diharapkan menggunakan memakai umpan protesis mampu menekan biaya produksi untukpembelian ikan rucah. Selama ini nelayan sering mengeluhkan ketersediaan umpan.umpan yg biasa dipakai nelayan pada dapatkan dari output tangkapan lampara (pukat hela )


Kegiataan perekayasaan Umpan buatanbertujuan buat menerima contoh umpan buatan yg sinkron dalam penangkapanudang getak serta sanggup menekan porto produksi dalam pembelian ikan rucah untukumpan. 

Dalam hal ini ,penggunaan umpan protesis menurut dalam tingkah lakuudang getak yang tertangkap pada jarring lantaran tertarik adanya aroma / bauyang ditimbulkan oleh umpan dan perekayasaan umpan protesis pula buat bisamember saat usang akan daya tahan umpanbuatan yg digunakan.
Metedologi pada pembuatan umpanbuatan memakai 3 model jenis umpan yg berbeda – beda antara lain ;
  1. -Umpanbuatan type A yg terdiri berdasarkan bahan NaOH, minyak ikan, minyak sawit serta airlimbah bekas rendaman ikan asin.
  2. -Umpanbuatan type B yg tediri dari soda kudapan manis, dan air limbah bekas rendaman ikanasin
  3. -Umpanbuatan type C Lem putih, gandum serta air limbah bekas rendaman ikan asin.

Masing-masing jenis Umpanitu dibungkus dengan menggunakan kain biasadan kelambu. Untuk pengujian menggunakan memakai 2 cara yaitu uji laboratoriumdan uji oporasional dilaut.

Menurutsalah satu tim uji coba yaitu ibu candrabahwasanya uji coba umpan ini berdasarnya analisa uji T tidak terdapatperbedaan nyata antara penggunaan umpan protesis serta umpan ikan rucah dalam hasiltertangkapnya udang ketak tapi ada disparitas yang mencolok di biaya produksi. 

Dalam satu bulan ( 20 Trip ) nelayan bisa berhemat kurang lebih 145 ribu rupiahatau lebih kurang 30 % dari unsure pembelian umpan.


Kedepandiharapkan agar umpan protesis ini mampu memberi manfaat lebih khusunya untukpenangkapan udang getak maka masih perlu adanya saran menurut rekan – rekan diBBPI, Semarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel