Upacara HUT Pramuka ke 52 di Sumbawa Berlangsung Khidmat

Sumbawa Besar, – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 52 Gerakan Pramuka tahun2019 yg berlangsung Sabtu (31/8) pada Halaman Kantor Bupati Sumbawa berlangsung hikmat. Upacara tadi dihadiri anggota pramuka menurut kalangan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama serta SMA, Sekolah Menengah Kejuruan. Juga dihadiri anggota Mabicab, Kepala SKPD serta pengurus Kwarcab Pramuka Sumbawa. 

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik sebagai pembina upacara, dalam sambutannya mengingatkan agar peringatan HUT seperti itu bukan hanya sebagai kegiatan serimonial yang diperingati setiap tahunnya, melainkan melalui HUT Pramuka ke 52 ini diharapkan bisa dijadikan menjadi momen buat mempertinggi Sumber Daya Manusia (SDM) yg berkualitas dimasa yang akan datang

Selain itu pula diharapkan supaya momen tadi bisa memberikan makna bagi generasi muda buat menaikkan ketangguhan moral serta kecerdasan intelektual dimasa yang akan tiba, serta bisa terwujudnya generasi belia yang lebih baik dari kini ini.

Oleh karenanya, JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa, berharap kepada semua Kepala Sekolah supaya memasukan kegiatan Pramuka ini sebagai kegiatan ekstra kurikulir di sekolahnya masing-masing dan meminta supaya pihak sekolah mengerti soal kepramukaan.

Pada aktivitas upacara itu dihadiri sang ratusan peserta menggunakan menggunakan seragam pramuka. Kemudian yg bertindak menjadi komandan upacara Awaluddin, SAP dan petugas pembawa Dasa Dharma Pramuka, Herliana.
Setelah aktivitas upacara, masih pada suasana hari Pramuka pula digelar aktivitas Bazaar Siaga yang berlangsung di Wisma Daerah Sumbawa yang dibuka sang Hj Rahma Jamaluddin Malik yg didampingi oleh Ketua Kwarcab Sumbawa, H Farhan Bulkiyah, SP bersama Hj Martina Farhan dan para Pengurus Kwarcab Pramuka Sumbawa lainnya.

Pada Bazaar tersebut dilaksanakan aneka macam perlombaan buat anak SD, diantara lomba lari kelereng, lomba memasukan gelang ke botol dan banyak sekali permainan lainnya.

Selain itu, pada hari yang sama juga digelar lomba Gerakan Jalan Indah yang dikuti oleh 34 regu mobilitas jalan yg berasal menurut seluruh sekolah di Kabupaten Sumbawa dalam seluruh jenjang.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik berksempatan untuk melepas peserta gerak jalan indah yg dimulai menurut Kantor Bupati serta berakhir di di Wisma Daerah.

Adapun peserta lomba gerak jalan yg meraih kampiun menjadi berikut, untuk taraf Penggalang (SD) Putri Sekolah Dasar Negeri 4 Sumbawa juara pertama, kemudian disusul SDN 1 Lopok juara kedua dan Kwaran Moyo Hilir juara ketiga.

Sementara buat Penggalang Sekolah Dasar putra meliputi Sekolah Dasar Negeri Lopok juara pertama, Sekolah Dasar Negeri 9 Sumbawa Besar kampiun kedua dan SDN Karang Dima juata ketiga. Untuk Penggalang Sekolah Menengah pertama putri yakni SMP Negeri 1 Lopok kampiun pertama, SMP Negeri 3 Lopok kampiun ke 2 serta Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Labuhan Badas kampiun ketiga. Untuk Penggalang Sekolah Menengah pertama Putra yakni SMP negeri 1 Lab.badas juara pertama, SMP Negeri 1 Sumbawa Besar juata ketiga serta SMP Negeri 3 Sumbawa Besar juara ketiga.

Untuk regu Penegak Sekolah Menengah Atas Putri kampiun pertama SMA Negeri 3 Sumbawa, juara ke 2 diraih Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumbawa serta kampiun ketiga diraih SMA Negeri 1 Alas Barat. Untuk Penegak SMA Putra juara pertama SMA Negeri 1 Sumbawa, juara kedua SMA Negeri 1 Alas serta juara ketiga SMA Negeri 2 Sumbawa.

Sumber : //www.gaungntb.com/2013/09/upacara-hut-pramuka-ke-52-sumbawa-berlangsung-khidmat/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel