Kenapa yaa semut berhenti sejenak ketika bertemu dengan semut lain







Pernahkan anda berfikir, mengapa semut ketika bertemu dengan semut lainnya selalu berhenti sejenak? Ternyata, Semut yang terlihat “mengadu kepala” saat bertemuitusebenarnya sedang berkomunikasi. T.C. Schneirla, seseorang peneliti di New York University, pernah mengadakan percobaan dengan semut. Ia mengambil seekor semut kemudian ditaruh dalam tempat yg berisi makanan. Semut lain ditaruh pada tempat yang berisi semut-semut musuh. Kemudian kelakuan kedua semut ini diamati terutama waktu berpapasan menggunakan teman-temannya pada jalan.

Dari penelitian itu, Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yg dikeluarkan dari kuliner ataupun menurut musuh semut menempelpadasemut itu. Ketika bertemu menggunakan semut temannya, semut ini akan saling menyapa (bersentuhan). Nah, menggunakan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi memahami temannya (melalui antena di kepala semut) apakah pada lingkungan sekitarnyaadamakanan atau terdapat musuh.

waw benar-benar mengherankan ya . Semut yg kita kenal menjadi hewan kecil namun dia punya semangat kekeluargaan cukup besar , sedangkan kita yg diciptakan dengan kesempurnaan malah tidak mempunyai hal itu ..


semoga saja artikel ini bermanfaat buat sobat semua !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel