Kreatifitas Sebagai Ketrampilan

Cara terbaik buat sebagai pemikir kreatif adalah bersikap seperti seseorang pemikir kreatif. Mari kita lihat bagaimana perilaku orang kreatif. Pemikir kreatif merupakan:
  • Mempertanyakan segalanya
  • Menghasilkan gagasan
  • Mencari apa yg mungkin bekerja lebih baik
  • Mematahkan paradigm
  • Mengambil tindakan
Pemikir kreatif mempertanyakan segalanya
Bagi orang yg kreatif, rasa ingin tahu adalah pandangan hidup. Mereka selalu ingin tahu, berjiwa petualang. Mereka wajib mengetahui apa yang menyebabkan segala sesuatu. Ketika masih mini , mereka mengintip bagian belakang pesawat televisi untuk mempelajari apakah terdapat orang-orang kecil yg keluar masuk berdasarkan belakang. Juga ketika kita sedang memasang lemari atau sedang memasak, mereka niscaya akan mencoba membantu. Pemikir kreatif hebat dalam mengikuti penemuan teknis serta cara baru berpikir tentang aneka macam hal, hanya dengan mengikuti sifat ingin tahu mereka.  Kita mampu mengembangkan kemampuan ini dengan berlatih. Mulai dengan membiasakan bertanya mengapa dan bagaimana. Tantanglah seluruh hal dan semua orang.
Pemikir kreatif menghasilkan gagasan
Cara terbaik buat menerima gagasan yg hebat merupakan menggunakan membuat poly gagasan. Semakin poly gagasan yg kita punyai, semakin hebat pilihan kita. Seorang penemu, Dr. Yoshio Nakamata, pemegang 2300 hak paten, mendorong para pemikir kreatif, “Isilah otak Anda, terus memompa keterangan ke dalamnya. Beri otak Anda bahan mentah yang poly. Lalu, berilah dia kesempatan buat memasaknya.” Jangan menilai gagasan sewaktu kita mengumpulkannya; masih poly saat buat melakukannya nanti.
Pemikir kreatif mencari apa yang bekerja lebih baik
Pemikir kreatif tidak menerima segala sesuatu apa adanya. Mereka selalu mencari cara buat memperbaiki keadaan. Konsultan manajemen Fred Pryor mengungkapkan bahwa orang kreatif melihat apa yg dilihat orang lain, tetapi mereka memikirkan apa yang tidak dipikirkan orang lain. Para pemikir kreatif tidak melihat perkara, mereka melihat tantangan.
Pemikir kreatif mematahkan paradigma
Paradigma memang krusial – kita semua membutuhkan serangkaian anggaran dan cara buat membingkai gagasan supaya berfungsi di global kita. Namun, kita mampu sebagai terlalu bergantung pada ketenangan paradigma. Para pemikir kreatif nir takut mencampakkan kerangka berpikir lama buat memberi ruang bagi yg baru. Mereka menjebol batasan yang dipercayai.
Pemikir kreatif mengambil tindakan
Para pemikir kreatif membawa gagasan hingga berhasil. Mereka menggunakan kreatifitas mereka nir hanya buat mempertanyakan, mengumpulkan gagasan, dan menciptakan cara-cara baru melakukan berbagai hal, namun pula buat membentuk sarana mewujudkan gagasan itu. Mereka adalah pekerja. Mereka mengetahui apa yg diharapkan dalam setiap langkah lantaran mereka peduli akan sekeliling mereka, akan kecenderungan serta kemungkinan. Mereka adalah pencoba-pasar. Mereka mencari tindakan yang diperlukan pada membawa sebuah rencana dalam kenyataan. Tidak semua pekerja itu kreatif, tetapi semua orang kreatif yang sukses adalah pekerja.  Tindakan merupakan factor pembeda antara mereka yg hanya bermimpi dan mereka yang berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel