Manfaat gerakan shalat bagi kesehatan

 Selain beribadah, ternyata shalat itu berguna banget buat tubuh kita....coba deh kita liat ...terutama kalo kita kerjakan secara tumaninah tentunya...
Saya sendiri masih belajar buat tumaninah serta khusu...belum siiih akan tetapi minimal saya coba untuk share apa yg saya baca n dapet ....
Salah satu kewajiban umat Islam merupakan melaksanakan sholat lima saat. Sholat ternyata tidak hanya sebagai amalan primer pada akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan sholat ternyata paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan berdasarkan sudut medis, sholat merupakan gudang obat dari aneka macam jenis penyakit.

Selama ini sholat yg dilakukan lima kali sehari oleh umat Islam, sebenarnya telah menaruh investasi kesehatan yg cukup akbar bagi yg melakukan sholat tadi. Gerakan sholat hingga menggunakan salam memiliki makna yang luar biasa baik buat kesehatan fisik, mental bahkan keseimbangan spiritual serta emosional. Tetapi sayang hanya sedikit menurut umat Islam yg memahaminya. Berikut ini beberapa manfaat gerakan sholat bagi kesehatan manusia:
Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram, berdiri tegak, mengangkat ke 2 tangan sejajar indera pendengaran, kemudian melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat: Gerakan ini melancarkan genre darah, getah bening (limfe) serta kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat ke 2 tangan, otot bahu meregang sebagai akibatnya genre darah kaya oksigen sebagai lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan pada depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan berdasarkan banyak sekali gangguan persendian, khususnya dalam tubuh bagian atas.
Rukuk
Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yg lurus sehingga bila diletakkan segelas air pada atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi ketua lurus menggunakan tulang belakang. Manfaat, Postur ini menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan sentra syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah aporisma pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.
Iktidal
Bangun menurut rukuk, tubuh pulang tegak selesainya, mengangkat ke 2 tangan setinggi indera pendengaran. Manfaat: i’tidal merupakan variasi postur sesudah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud adalah latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di pada perut mengalami pemijatan serta pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.
Sujud
Menungging menggunakan meletakkan ke 2 tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi dalam lantai. Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher serta ketiak. Posisi jantung pada atas otak mengakibatkan darah kaya oksigen mampu mengalir aporisma ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah (jangan tergesa gesa) agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini pula menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk juga sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
Duduk
Duduk terdapat dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak dalam posisi telapak kaki. Manfaatnya, ketika iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung menggunakan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang tak jarang mengakibatkan penderitanya tidak sanggup berjalan.
Duduk tawarruk sangat baik bagi laki-laki karena tumit menekan genre kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Apabila dilakukan. Dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan semua otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks balik . Gerak dan tekanan serasi inilah yang menjaga. Kelenturan serta kekuatan organ-organ mobilitas insan.
Salam
Gerakan memutar ketua ke kanan dan ke arah kiri secara aporisma. Manfaatnya buat relaksasi otot lebih kurang leher serta ketua menyempurnakan genre darah di ketua. Gerakan ini mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit paras.
Pada dasarnya, seluruh gerakan sholat bertujuan meremajakan tubuh. Apalagi bila dilakukan secara rutin, maka sel-sel yg rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar. Jadi bagi umat Islam yang belum melakukan sholat dengan sahih serta khusyuk, menurut kini ubahlah, karena sholat itu selain menjadi salah satu indikasi orang bertakwa, ternyata sholat itu sangat baik buat kesehatan. (Disadur menurut banyak sekali asal)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel