MATERI OGN 2019 BAHASA INDONESIA JENISJENIS PARAGRAF


NO
DEFINISI
JENIS PARAGRAF
1
Karangan yg bertujuan memberikan citra atau kesan pada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini, pembaca bisa dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat pada peristiwa yg diuraikan penulis baik secara indera, logika, juga emosi.
A.Deskripsi
2
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini insiden umumnya disusun berdasarkan urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, serta terdapat konflik.
B.Narasi
3
Karangan yg bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan buat meyakinkan pembaca, kemudian diikuti menggunakan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
C.Persuasi
4
Karangan yang bertujuan membicarakan suatu gagasan, wangsit, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti serta alasan buat meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
D.Argumentasi
5
Karangan yg bertujuan memaparkan, menjelaskan, mengungkapkan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menampakan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya
E.Eksposisi



JENIS KARANGAN

NO
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
JENIS KARANGAN
1
Setiap dtk penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yg demikian pesat akan menjadi perkara global.oleh karena itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk serta pada sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan baru buat memenuhi tuntutan kehidupan yg tak terelakkan tersebut.
persuasi
2
Masih terdapat solusi yg baik buat mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal akbar diperairan Sulawesi, Maluku, serta Irian nir perlu diikuti dengan pemindahan kapal mini ke wilayah lain. Yang terpenting merupakan rasionalisasi jumlah serta berukuran kapal sinkron menggunakan pemberlakuan wilayah fishing ground serta fishing base.
argumentasi
3
Ia terlentang seharian pada atas trotoar panas itu. Tubuhnya yg tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup sang pakaian kotor serta dekil yg sudah robek do sana sini, sebagai akibatnya perutnya yg kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di ke 2 kakinya yg melebar dengan rona merah
deskripsi
4
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama menggunakan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan dalam olahraga lari terdapat kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
eksposisi
5
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi pada antara pembatas 2 lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti Alaihi Salam Glomar Challenger Two jua menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
narasi
6
Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada pada sana. Di bagian terdepan berderet toko sepatu pada dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yg lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada jua jenis butir-buahan.
deskripsi
7
Hujan merupakan akibat berdasarkan pemanasan yang dilakukan oleh surya dalam permukaan air pada bumi seperti bahari, sungai, serta lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sebagai akibatnya partikel – partikel air menjadi gas yg terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup sang angin menuju loka lainnya. Jika konsentrasi awan tadi menjadi jenuh, partikel – partikel gas tadi mengalami kondensasi sebagai akibatnya berubah bentuk kembali sebagai air dan jatuh ke bumi.
eksposisi
8
Musim semi sudah datang serta salju mencair di ladang-ladang serta lembah-lembah. Salju di atas puncak -puncak gunung secara berangsur-angsur mencair serta menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke pada lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yg deras serta berdebur menerangkan pencerahan alam
deskripsi
9
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan kendaraan beroda empat. Kemudian, kami memasuki gang mini . Beberapa ketika lalu, kami sampai di sebuah tempat tinggal yangh sederhana seperti rumah-rumah pada sekitarnya.
narasi
10
Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti dalam bertambahnaya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yg mati dampak kecelakaan pun jua semakin semakin tinggi.
argumentasi




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel