Metode Latihan Pramuka Siaga dan Penggalang Yang aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan

Metode Latihan Pramuka Siaga dan Penggalang Yang aktif, Kreatif, Efektif serta Menyenangkan


Dengan cara pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM), yang mana bisa memberikan makna pada peserta didik yg menyenangkan, bersahabat sesuai menggunakan kebutuhan siswa. Dimana Pembina diusahakan buat dapat mengupayakan serta melibatkan siswa, sehingga peserta didik bisa mengikuti latihan dengan aktif, kreatif, efektif, serta menyenangkan (PAKEM). Dimana Pembina bisa membangun suasana sedemikian rupa sebagai akibatnya peserta didik aktif bertanya dan mengemukan gagasannya. Selain itu pula Pembina dituntut buat kreatif, yang mampu membentuk suasana latihan yg beragam dan menarik bagi peserta didik. Dan efektif dalam memanfaatkan ketika buat mencapai output latihan yang baik yg bisa memberikan pengalaman bagi siswa. Selain itu jua Pembina diusahakan buat sanggup menciptakan suasana latihan yang menyenangkan bagi siswa, yg akhirnya siswa nir mencicipi bosan atau jenuh dalam mengikuti latihan pramuka Siaga atau Pramuka Penggalang.

Metode dan alat yg dapat dipakai pada menyajikan kegiatan Pramuka Siaga dan Penggalang merupakan :
1.Bermain, yaitu didalamnya disajikan pada bentuk permainan bermain sekehendak hati tetapi memiliki sasaran serta tujuan dan terdapat aturan permainan yang harus didikuti.
2.Menyanyi, karena dengan nyanyian bisa digunakan buat menyajikan bahan latihan Pembina Siaga/Penggalang. Sebagai awal penyemangat bagipeserta didik.
3.Lomba, menggunakan lomba dapat dipakai buat menyajikan bahan latihan serta menggairahkan dan memberi semangat pada peserta didik.
4.Bermain,yaitu melakukan kiprah eksklusif menjadi penanaman suatu sikap yg sudah Pembina tanamkan, yang mengandung pendidikan bagi siswa.
5.Bercerita,lantaran cerita merupakan hal yg menarik bagi Pramuka siaga.
6.Kerja Kelompok, yaitu Barung Siaga dapat diberikan tugas buat buat mengerjakan suatu pekerjaan. Yang dikerjakan bersama-sama kelompoknya.
7.Surprise, yaitu bisa diadakan dalam ketika tak diduga-duga oleh siswa, model : Pemberian hadiah ulang tahun.
8.Demonstrasi, yaitu memperagakan sesuatu dihadapan anak yang ada kaitan dengan bahan latihan, contoh : Senam lantai, berenang serta senam TBB (tarian baris berbaris ).
9.Menirukan, yaitu Pembina memberi model serta peserta menirukan.
Contoh : Mengajarkan lagu-lagu Nasional dan lagu-lagu pramuka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel